Rekomendasi Cawabup Kulonprogo Baru Turun dari Dua Parpol

Bupati Kulonprogo, Sutedjo. - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri
18 Februari 2020 05:27 WIB Lajeng Padmaratri Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Hingga kini, surat rekomendasi calon wakil bupati (cawabup) Kulonprogo baru turun dari dua partai pengusung, yaitu PDI Perjuangan dan Nasdem. Empat parpol lain terus diminta untuk bergerak cepat.

Wakil Ketua I DPRD Kulonprogo, Ponimin Budi Hartono menuturkan sejauh ini baru dua partai yang menurunkan rekomendasinya. Sementara, empat partai lainnya yaitu PAN, PKS, Hanura, dan Golkar, masih belum secara resmi menurunkan rekomendasinya ke Sekretariat Bersama (Sekber) Penjaringan Cawabup Kulonprogo.

Seperti diketahui, ada enam partai pengusung dalam pencalonan Hasto-Tedjo pada 2017 lalu, antara lain PDIP, Nasdem, PAN, PKS, Hanura, dan Golkar. Sebulan terakhir, santer terdengar bahwa dua nama rekomendasi cawabup tersebut ialah Fajar Gegana dan Agus Langgeng Basuki. Meski begitu, keenam parpol melalui Sekber belum secara resmi mengeluarkan rekomendasi ke DPRD Kulonprogo.

Ponimin yang juga merupakan Ketua DPD PAN Kulonprogo menuturkan jika PAN belum menurunkan rekomendasi lantaran baru saja melaksanakan kongres nasional. "Kami upayakan PAN akan mengeluarkan rekomendasi minggu-minggu ini ke Sekber," kata Ponimin, Senin (17/2/2020).

Meski begitu, ia optimis dewan tetap bisa mengisi kekosongan cawabup sebelum berakhirnya masa Pansus Pilwabup yang masa kerjanya akan berakhir pada 9 Maret mendatang. "Makanya kami harap minggu-minggu ini bisa turun rekomendasinya, tapi kalau PAN sendiri insyaallah bisa keluar," katanya.

Sementara itu, Ketua Pansus Pilwabup DPRD Kulonprogo, Istana meminta empat partai lain untuk bergerak cepat mengeluarkan rekomendasi cawabup. Masing-masing ketua DPC dan DPD partai pengusung di wilayah Kulonprogo ia minta untuk membangun komunikasi yang baik satu sama lain sehingga rekomendasi bisa cepat turun dari seluruh partai pengusung.

"Mereka semua kan sudah berkomitmen menyelesaikan proses ini, makanya saya optimis selesai sebelum masa Pansus berakhir," kata dia.