Update Siswa Hanyut Kali Sempor: 7 Korban Meninggal Dunia, 3 Belum Ditemukan

Ambulans berdatangan ke kawasan Sungai Sempor, Turi, Sleman, yang menjadi lokasi tewasnya sejumlah siswa SMPN 1 Turi, Jumat (21/2/2020)-Harian Jogja - Hafit Yudi Suprobo
22 Februari 2020 08:17 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Operasi pencarian terhadap korban hanyut Kali Sempor, Turi, Sleman yang menimpa para siswa SMP N 1 Turi Sleman terus dilakukan. Data terbaru yang diterima Harianjogja.com pada Sabtu (22/2/2020) per 06.30 WIB, sebanyak tujuh korban meninggal dunia telah ditemukan sementara tiga orang belum terkonfirmasi. 

Informasi tersebut disampaikan dalam grup aplikasi Whatsapp BPBD DIY yang dikirimkan oleh Pusdalops PB DIY. 

"Total siswa 249. Kelas 7 ada 124, kelas 8 ada 125 siswa. Konfirmasi selamat sebanyak 216 siswa. Konfirmasi luka 23 siswa. MD [meninggal dunia] tujuh siswa dan belum terkonfirmasi tiga siswa," tulis BPBD DIY. 

Operasi pencarian masih dilanjutkan hari ini, Sabtu. SAR Gabungan menurunkan SRU menyisir Sungai dari TKP hingga Hotel Gajah dengan jarak tempuh 25,19 km, yang dibagi dalam empat seksi lokasi pencarian.

Posko operasi SAR bertempat di rumah Kepala Dusun Dukuh, Donokerto, Turi, Sleman. Sementara informasi data pencarian orang berada di SMPN 1 Turi.

Peristiwa siswa hanyut di sungai bermula dari kegiatan pramuka SMP N 1 Turi yang mengajak para siswa kelas 7 dan 8 untuk melakukan susur sungai di Kali Sempor, Turi. Saat siswa turun ke lokasi, tiba-tiba arus sungai meninggi karena disinyalir terjadi hujan di hulu sungai tersebut. Akibatnya siswa terbawa arus. Ada yang berhasil selamat, ada yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, dan ada pula yang sampai saat ini belum terkonfirmasi keberadaannya.