Baru Lulus Pendidikan, Ini Dia Tugas Perdana Bintara Polda DIY

Atraksi yang ditampilkan saat Upacara Penutupan Pendidikan dan Pelantikan Bintara Polri di SPN Selopamioro, Senin (2/3/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
02 Maret 2020 18:27 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak 153 bintara remaja Polri yang baru lulus pendidikan akan menjalani tugas perdana untuk ikut mengamankan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di tiga kabupaten, yakni Sleman, Bantul, dan Gunungkidul.

Sebanyak 153 bintara remaja polri yang lulus di DIY tersebut merupakan bagian dari 8.869 bintara polri se-Indonesia yang lolos seleksi anggota Polri sampai selesai menjalani pelatihan selama tujuh bulan.

Saat ini ke-153 bintara remaja Polri itu diberi waktu cuti selama 12 hari setelah melaksanakan pendidikan tujuh bulan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul. “Setelah cuti, mereka langsung ditugaskan untuk membantu pengamanan Pilkada Serentak di tiga kabupaten di DIY,” kata Kepala SPN Selopamioro, Kombespol Sonny Mahar Budi Adityawan, seusai Upacara Penutupan Pendidikan dan Pelantikan Bintara Polri di SPN Selopamioro, Senin (2/3/2020).

Sonny menjelaskan total bintara remaja yang diperbantukan dalam pilkada ada 134 yang berada di bawah Satuan Pengendalian Massa (Satdalmas), sisanya yang memiliki kemampuan khusus di bidang pelayaran dan teknologi informasi sehingga ditempatkan di Ditpolair dan Humas Polda DIY.

Lebih lanjut Sonny mengatakan para bintara berpangkat Bintara Polisi Dua (Bripda) itu selain dibekali tentang kemampuan dan pengetahuan kepolisian, juga dididik soal keperilakuan. Pasalnya semua bintara remaja tersebut dari lulusan sekolah menengah atas (SMA) sederajat. “Dari yang awalnya ugal-ugalan, sopan santun kurang, sudah kami didik dan mereka sudah siap menjadi contoh untuk remaja lainnya,” ucap Sonny.

Upacara penutupan pendidikan dan pelantikan 153 bintara remaja tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar. Pelantikan tersebut juga dihadiri sejumlah perwira tinggi Polda DIY, para kapolres, dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Bantul.

Kapolda mengatakan selesainya pendidikan polri bukan dari akhir perjalanan melainkan bagian dari awal pengabdian untuk Polri. “Perjalanan masih panjang, banyak tantangan dan tugas yang dihadapi,” kata dia.

Selain itu, Kapolda juga meminta kepada para bintara tersebut untuk selalu menjaga nama baik pribadi, keluarga, dan institusi serta menghindari pelanggaran, baik pelanggaran disiplin, kode etik, terlebih pidana. “Juga perlunya membangun kerjasama dengan instansi lain,” kata dia.