Advertisement

Amankan Gejayan Memanggil, Polres Sleman Terjunkan 300 Personelnya

Hafit Yudi Suprobo
Senin, 09 Maret 2020 - 14:57 WIB
Arief Junianto
Amankan Gejayan Memanggil, Polres Sleman Terjunkan 300 Personelnya Massa berkumpul di simpang tiga Gejayan-Colombo, Senin (9/3/2020)./ Harian Jogja - Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Polres Sleman menurunkan 300 personel guna mengamankan aksi unjuk rasa bertajuk #GejayanMemanggil yang dilakukan oleh ribuan mahasiswa gabungan dari sejumlah kampus di simpang tiga Gejayan, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Sleman, Senin (9/3/2020).

Kapolres Sleman AKBP Rizki Ferdiansyah mengatakan jika personel yang diturunkan untuk mengamankan aksi menolak rancangan undang-undang omnibus law yang dinilai menjadi polemik di masyarakat tersebut juga berasal dari jajaran Polda DIY.

Advertisement

"Kami dibantu oleh 400 personel Polda DIY, namun personel dari Polda hanya untuk mem-back up, tetapi kami mengedepankan kawan-kawan di lalu lintas [Satlantas] untuk merekayasa arus. Kami juga andalkan tim negasiator mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Rizki, Senin (9/3).

Aksi yang digelar oleh sejumlah badan eksekutif mahasiswa (BEM) seperti UGM, UMY, UNY, dan Universitas Sanata Dharma (USD) juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian melalui kooordinator lapangan (korlap) masing-masing. Simpang tiga Gejayan dinilai menjadi tempat yang “seksi” bagi sejumlah mahasiswa untuk dijadikan tempat berorasi

Massa aksi yang tiba di simpang tiga Gejayan sekitar pukul 12.00 WIB tersebut mendapatkan izin dari Polres Sleman untuk menggelar aksi unjuk rasa hingga pukul 17.00 WIB. Menurut Rizki, dari aksi yang sudah dilakukan sebelumnya mahasiswa mentaati peraturan yang sudah disepakati kedua belah pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement