Advertisement

Harga Gula Pasir di Jogja Tembus Rp16.500

Newswire
Kamis, 12 Maret 2020 - 02:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Harga Gula Pasir di Jogja Tembus Rp16.500 Ilustrasi. - Solopos/Sunaryo Haryo Bayu

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Harga gula pasir melambung tinggi. Di pasar tradisional di Jogja, harga naik dari Rp14.000 per kilogram menjadi kisaran Rp16.000 hingga Rp16.500 per kilogram. Harga tersebut jauh dari harga eceran tertinggi (HET) Rp12.500 per kilogram.

“Masa giling yang berakhir pada Oktober 2019 menyebabkan harga gula mengalami kenaikan. Kami berharap, harga gula kembali normal saat masa giling dimulai pada April,” kata Kepala Bidang Bimbingan Usaha Pengawasan dan Pengendalian Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja, Benedict Cahyo Santoso, Rabu (11/3/2020). 

Advertisement

Menurut dia, persediaan gula pasir di tingkat distributor untuk dijual di pasar tradisional dan memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Jogja masih mencukupi, namun tetap dibutuhkan pasokan tambahan.

Sedangkan di toko-toko modern, kata dia, harga jual masih sesuai dengan harga eceran tertinggi namun stok justru banyak yang kosong. “Kami akan berkoordinasi dengan Bulog Jogja untuk mendukung pemenuhan kebutuhan gula pasir, misalnya untuk kegiatan operasi pasar,” kata Benedict, yang juga akan terus memantau perkembangan harga gula pasir di pasar tradisional.

Selama ini kebutuhan gula pasir di Kota Jogja dipasok dari berbagai daerah, seperti Pabrik Gula Madukismo di Bantul dan Pabrik Gula Gondang di Klaten Jawa Tengah.

Sementara itu, Kepala Bulog Divisi Regional Jogja Juhaeni mengatakan tidak memiliki persediaan gula pasir yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk kegiatan operasi pasar untuk membantu menurunkan harga gula. “Saat ini, kami tidak memiliki persediaan dan itu menjadi kendala di seluruh Indonesia,” katanya.

Secara nasional, lanjut dia, Bulog sudah mengajukan izin impor gula pasir, namun usulan tersebut belum mendapat lampu hijau. “Mudah-mudahan sudah bisa direalisasikan saat puasa,” katanya.

Sedangkan pola pengadaan gula pasir yang selama ini dilakukan Bulog DIY biasanya dilakukan dengan membeli produk PT Perkebunan Nusantara. Gula tersebut dibeli dengan pola komersial untuk memenuhi kebutuhan Rumah Pangan Kita (RPK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement