Advertisement

Cegah Penyebaran Virus Corona, Tempat Umum di Kulonprogo Dibersihkan

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 15 Maret 2020 - 20:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cegah Penyebaran Virus Corona, Tempat Umum di Kulonprogo Dibersihkan Personil gabungan saat membersihkan fasilitas umum di Stasiun Wates, Kulonprogo, Minggu (15/3/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Personil gabungan TNI, Polri, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo membersihkan tempat umum sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kulonprogo. Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu (15/3/2020) itu menyasar kawasan Stasiun Wates, Terminal Wates, dan sejumlah rumah ibadah.

Personil gabungan ini dibagi menjadi beberapa tim untuk kemudian disebar di tempat-tempat tersebut. Berbekal kain lap berserta cairan pembersih, mereka melakukan pembersihan di beberapa fasilitas umum yang kerap bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Advertisement

Seperti halnya di Stasiun Wates. Personil gabungan tersebut membersihkan area pintu masuk, ruang tunggu penumpang, loket tiket hingga mushala. "Yang pasti kita menyasar titik-titik yang disinyalir paling banyak disentuh orang," ujar Ketua TIM 1 Bakti Sosial Antisipasi Corona, AKP Heru Meiyanto, di sela-sela kerja bakti di Stasiun Wates, Minggu (15/3/2020) pagi.

Di samping pembersihan, personil gabungan dari Unsur Kesehatan Polres Kulonprogo juga menggelar sosialisasi tentang budaya hidup bersih dan sehat guna mencegah penyebaran virus Corona. Sosialisasi ini menyasar para penumpang yang tengah menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Wates.

Staff Urkes Polres Kulonprogo, Juliana Saragih menerangkan sosialisasi ini berisi materi tentang membiasakan diri mencuci tangan sesuai anjuran instusi kesehatan maupun WHO, yang meliputi enam langkah cuci tangan serta membudidayakan hidup sehat dengan makan makanan bergizi dan rutin berolahraga.

Para penumpang juga diimbau untuk tidak mengenakan masker jika dalam kondisi sehat. "Kalaupun menggunakan masker anjuran kami jika memang sakit atau sedang berada di wilayah yang riskan penyebaran virus," jelasnya.

Kepala Stasiun Wates, Aris Sukendar, mengucapkan terimakasih atas adanya kegiatan ini. Adapun untuk mengantisipasi penyebaran penyakit, pihaknya telah menyediakan handsanitazier di sejumlah titik dan masker yang dibagikan cuma-cuma kepada penumpang.

Pihak stasiun juga akan segera menyediakan termogun guna memeriksa suhu tubuh calon penumpang. Apabila suhu tubuh penumpang mencapai 38 derajat Celcius, maka harus mendapat rekomendasi terlebih dahulu dari unit kesehatan setempat jika hendak menggunakan fasilitas transportasi kereta.

"Jika tidak ada rekomendasi, makanakan kami minta untuk me-cancel perjalanan, nanti tiket yang sudah dicancel bisa diurus di stasiun ini," ucapnya.

Salah satu penumpang, Maria Retno Hardiani, 46, mengapresiasi kegiatan pembersihan Stasiun Wates. Namun demikian ia berharap pihak stasiun bisa segera menyediakan alat ukur suhu tubuh guna mengantisipasi penyebaran virus Corona. "Soalnya di Jakarta sudah menerapkan itu, buat antisipasi Corona," ujar penumpang nyang hendak bertolak ke Jakarta ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement