Masjid UGM Putuskan Setop Salat Jumat Berjemaah Gara-Gara Corona

Masjid UGM. - JIBI
19 Maret 2020 20:57 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Berbeda dengan langkah yang dilakukan masjid-masjid lainnya, Takmir Masjid Kampus UGM terpaksa meniadakan ibadah salat Jumat berjemaah.

Tidak hanya itu, Tekmir juga meniadakan kegiatan-kegiatan yang mendatangkan banyak orang. "Untuk sementara, kami tiadakan solat Jumat berjemaah besok pada tanggal 20 Maret sambil melihat situasi ke depan," kata Ketua Takmir Masjid UGM, Maschuri, Kamis (19/3/2020).

Dia menjelaskan, pihaknya berencana meniadakan salat Jumat tidak hanya sekali saja, namun hingga dua sampai tiga kali ke depan Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan takmir. Seperti, adanya situasi yang harus dicermati sehubungan dengan Covid-19. Selain itu, jamaah masjid kampus UGM selama ini didominasi oleh mahasiswa kampus UGM.

"Karena kegiatan kampus diliburkan, maka kebutuhan untuk menyelenggarakan solat Jumat berjamaah dikatakan tidak diperlukan lagi," katanya.

Apalagi, katanya, fatwa MUI Pusat membolehkan jika jamaah merasa tidak aman untuk tidak menggelar solat Jumat berjamaah. Selain itu, Takmir juga meliburkan kegiatan rutin keagamaan sejak seminggu yang lalu. Meski begitu, lanjut Maschuri, Masjid Kampus UGM tetap terbuka bagi musafir yang hendak melaksanakan solat fardu tetap dipersilahkan. Tapi ia imbau untuk bawa sajadah sendiri

"Kalau ada yang mau salat di sana kami persilahkan. Kami tidak bisa menolak. Antisipasinya, setiap hari kami tetap mengepel atau menyemprotkan cairan selingkuhan dan hand sanitizer untuk mereka yang datang ke masjid," katanya.