Advertisement

Soal Banyaknya Dusun yang "Lockdown", Sekda Bantul: Jangan Berlebihan!

Ujang Hasanudin
Minggu, 29 Maret 2020 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Soal Banyaknya Dusun yang Spanduk larangan berkunjung terpasang di muka jalan masuk Desa Wisata Tembi, Dusun Tembi, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Minggu (29/3/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sejumlah warga di Bantul ramai-ramai mulai memperketat pengawasan terhadap para pendatang maupun pemudik dari luar daerah yang masuk wilayah Bumi Projotamansari. Akses masuk dusun atau kampung di beberapa dusun juga mulai ditutup sementara.

Pemkab Bantul berharap masyarakat tidak berlebihan dalam menanggapi persoalan Covid-19. "Yang lebih penting adalah kemauan warga untuk melakukan isolasi mandiri terutama bagi warga yang datang dari luar daerah atau selesai bepergian dari luar daerah," kata Sekda Bantul Helmi Jamhari, Minggu (29/3/2020).

Advertisement

Helmi menambahkan Pemkab Bantul dan Pemda DIY sampai saat ini tidak pernah memberlakukan lockdown. “Kalau ada warga secara mandiri memberlakukannya tentu itu inisiatif mereka sendiri dan kami tak bisa menyetopnya. Itu sudah jadi kesepakatan bersama,” kata dia.

Juru Bicara Penanggulangan Covid-19 Bantul, Tri Wahyu Joko Santoso menambahkan yang perlu digarisbawahi adalah masyarakat harus waspada seandainya ada pendatang atau yang baru pulang mudik yang terlanjur datang ke Bantul di tengah wabah Corona agar dianjurkan untuk melaporkan ke RT atau perangkat desa masing-masing.

Selanjutnya diminta untuk isolasi mandiri di rumah atau tidak keluyuran. “Seandainya pada saat mengalami gejala sakit harus segera periksakan diri ke puskesmas atau layanan kesehatan terdekat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Alasan Kepolisian Hentikan Penyidikan Kasus Aiman Witjaksono

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement