WABAH CORONA: Seluruh Anggota Dewan di DIY dari Partai Gokar Siap Potong Gaji

Pelepasan Tim Gugus Tugas Basmi Corona di Kantor DPD Golkar DIY, Senin (30/3/2020). Tim yang dibentuk Golkar DIY ini akan membantu pemerintah dalam menangani wabah corona di DIY.-Harian Jogja - Sunartono
30 Maret 2020 18:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Seluruh anggota Fraksi Partai Golkar di DIY menyatakan kesiapannya untuk dipotong sebagian dari gaji take home pay (THP) mereka untuk disumbangkan bagi penanganan pencegahan Covid-19. Pernyataan itu secara resmi disampaikan bersamaan dengan peluncuran Tim Gugus Tugas Golkar DIY Melawan Covid-19 di Kantor DPD Golkar DIY, Senin (30/3/2020).

Ketua DPD Golkar DIY Gandung Pardiman menjelaskan semua anggota Fraksi Partai Golkar yang duduk di DPRD kabupaten kota maupun Provinsi DIY telah menyatakan kesepakatan untuk dipotong gajinya guna disalurkan penanganan Covid-19. Dengan demikian total ada 34 anggota dewan dari Golkar baik level DPRD kabupaten/kota, Provinsi DIY maupun yang duduk di DPR RI. Pihaknya akan berembug lebih detail lagi dengan para anggota dewan dari partainya terkait jumlah pemotongan dengan atas dasar keihklasan.

“Bahkan ada yang menyatakan siap dipotong gajinya 100 persen selama beberapa bulan untuk penanganan Corona ini, saya sangat terharu,” katanya di Kantor DPD Golkar DIY, Senin (30/3/2020).

“Kami juga mengimbau kepada para penjual, pengusaha agar tidak ada yang menimbun atau menaikkan harga dengan tidak wajar. Kemarin kami membeli tangki semprotan harganya sampai dua kali lipat,”

Ketua Fraksi Golkar DPRD Bantul Heru Sudibyo yang hadir dalam kegiatan itu menyatakan kesiapannya untuk dipotong gaji demi membantu penanganan Covid-19 di DIY.

“Kami Ingin berkontribusi memberikan kepada masyarakat dalam penanganan wabah corona ini. Oleh karena itu kami akan sumbangkan sebagian dari take home pay kami untuk kepentingan penanganan corona,” ucapnya.

Anggota Fraksi Golkar DPRD DIY Rani Widayati juga menyampaikan hal yang sama. Menurutnya penanganan virus corona butuh kerja sama semua pihak. Di sisi lain masyarakat harus terus diberikan semangat dalam menghadapi wabah ini. “Karena itu gaji kami siap dipotong,” ujarnya.

Terkait Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Partai Golkar DIY, Gandung menyatakan akan menerbitkan buku edukasi tentang virus corona karena hakekatnya tidak menakutkan jika masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Penyemprotan disinfektan di berbagai permukiman warga juga diberikan berkali-kali. Pihaknya juga memberikan bantuan kepada delapan panti asuhan masing-masing satu kwintal beras dan uang tunai untuk tambahan suplai bahan makanan.

“Untuk penyemprotan kami menyiapkan 10 tangki truk serta tangki kecil dalam jumlah banyak,” ujarnya.