Advertisement

4 Paket Proyek Pemeliharaan Jalan di Jogja Dibatalkan, Ini Rinciannya

Lugas Subarkah
Selasa, 31 Maret 2020 - 05:27 WIB
Nina Atmasari
4 Paket Proyek Pemeliharaan Jalan di Jogja Dibatalkan, Ini Rinciannya Ilustrasi Pekerjaan proyek perbaikan jalan oleh DPUP ESDM DIY - JIBI/Harian Jogja/Gigih M.Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Menteri Keuangan mengeluarkan Surat Edaran tentang penghentian proses lelang proyek yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK). Di Kota Jogja, terdapat sejumlah lelang yang telah masuk proses Badan Layanan Pengadaan (BLP) ditarik kembali.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Jogja, Umi Akhsanti, menjelaskan di bidangnya terdapat setidaknya empat paket yang dibatalkan lelangnya. "Sudah masuk BLP tapi belum tayang," ujarnya, Senin (30/3/2020).

Advertisement

Keempat paket ini semuanya adalah pemeliharaan bidang jalan, meliputi Jalan Nitikan, Jalan Lowanu, Jalan Tipenjawi dan Jalan Cik Ditiro. Keempat paket ini menggunakan anggaran DAK dengan total nilai sebesar Rp15 miliar.

Ia mengungkapkan di empat ruas jalan tersebut terjadi kerusakan yang belum terlalu parah sehingga masih layak digunakan. Karena lelang dibatalkan, maka untuk tindakan sementara pihaknya akan melakukan perbaikan ringan dengan menggunakan dana swakelola.

Kebijakan ini juga berdampak pada pembangunan Pasar Kluwih. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja, Yunianto Dwisutono, menjelaskan pembangunan Pasar Kluwih menggunakan dana DAK senilai Rp3,5 miliar.

Pasar Kluwih rencananya akan dibangun pada pertengahan tahun dan selesai pada akhir tahun. Terkait pembatalan ini pihaknya belum mensosialisasikan ke pedagang. "Selain itu kami juga menggunakan DAK untuk studi transportasi UPT Metrologi senilai Rp800 juta, yang juga harus ditunda," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement