Tak Cukup Taruh Makanan Gratis di Etalasi, Komunitas Ini Bagikan Nasi Kotak ke Ojol

Anggota komunitas Tempat Nasi Gratis Jogja (TNGJ) saat memberikan bantuan kepada ojol di depan Ambarrukmo Plaza, Rabu (8/4/2020). - Istimewa/TNGJ\\n
08 April 2020 16:47 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Komunitas Tempat Nasi Gratis Jogja (TNGJ) menggelar aksi sosial bertajuk Superhuman Project: Thank You Ojol. Acara sosial tersebut digelar dalam rangka untuk memberikan bantuan berupa nasi kotak kepada ojek online (ojol) yang masih bekerja di tengah pandemi Covid-19.

Koordinator TNGJ Veronica Christamia Juniarmi mengatakan Superhuman Project: Thank You Ojol merupakan agenda TNGJ yang sudah dijadwalkan di bulan ini. Awalnya, komunitasnya ingin fokus dengan bagi-bagi nasi lewat etalase saja. Akan tetapi, dia dan kawan-kawannya yang lain lantas tergerak melakukan sesuatu yang masih berhubungan dengan bagi-bagi nasi.

Oleh karena itu, melihat betapa perjuangan ojol yang masih berjibaku di luar karena tuntutan ekonomi maka ojol yang menjadi sasaran pertama proyek ini. "Saya sebelumnya sudah pernah merasakan semi-lockdown ketika mengajar di Tiongkok tahun lalu dan tahun ini saya mengajar bahasa Indonesia di Yunnan Minzu University Kunming dan kembali ke Indonesia pada tanggal 1 Februari 2020," ujar Veronica, Rabu (8/4).

Upaya tersebut juga diamini oleh kawan-kawannya di TNGJ. Selama karantina mandiri, tak jarang mereka memakai jasa ojol untuk membeli makan atau mengantar barang yang diperlukan

"Maka, kami pun memutuskan membuat proyek ini. Proyek ini memiliki tagline Pahlawan super memang berjubah, tetapi manusia super berjaket Ijo  karena kami selalu merujuk kepada mereka [ojol] sebagai superhuman di proyek ini atau sasaran proyek yang sudah ditentukan oleh kawan-kawan TNGJ," kata dia.

Kegiatan bertajuk Superhuman Project: Thank You Ojol  diawali oleh survei terlebih dahulu mengenai pergerakan ojol dan di mana saja ojol yang masih bekerja biasa mangkal. "Kami lihat jumlahnya masih lumayan maka kami putuskan untuk membagikan 50 nasi kotak dulu," ucap dia.

Setelah menyurvei, TNGJ lantas menentukan tiga titik penyebaran nasi kotak dan mengumpulkan sukarelawan yang mau membantu, yakni di sekitar Ambarrukmo Plaza; Samirono, Sleman; dan Superindo, Jalan Kaliurang, Sleman. “Ke-50 nasi kotak itu kami bagikan, Minggu [8/4]. Tidak menutup kemungkinan juga kami akan memberikan [nasi kotak] ke pemulung atau penjual keliling,” ucap dia.

Sekedar informasi, TNGJ adalah gerakan untuk membantu masyat yang kurang mampu dengan cara berbagi makanan. Bentuknya adalah etalase kaca, berada di dua tempat yaitu di Pintu Keluar YAP Square dan Infia Concept Jant. “Gerakan ini sudah kami mulai dari akhir Februari 2019,” kata Veronica.