Pasien Positif Covid-19 di Gunungkidul Tambah Lagi, Perempuan dari Kecamatan Wonosari

Ilustrasi - Freepik
14 April 2020 18:07 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Jumlah pasien positif Covid-19 di Gunungkidul bertambah menjadi tiga. Pasien ketiga adalah perempuan berusia 75 tahun dari Kecamatan Wonosari.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan meski ada tambahan kasus, dua pasien positif sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang untuk menjalani karantina mandiri selama 14 hari. “Kesembuhan yang kedua dialami pasien anggota polisi yang berasal dari Kecamatan Playen,” kata Dewi kepada wartawan, Selasa (14/4/2020).

Sementara, pasien ketiga yang sudah berusia 75 tahun saat ini masih menjalani perawatan di rumah sakit. Pasien pertama positif Covid-19 di Gunungkidul adalah warga Kecamatan Ponjong yang pulang dari perantauan di Jakarta pada awal Maret 2020. Pasien kedua adalah anggota Brimob DIY dari Kecamatan Playen.

Kematian pasien dalam pengawasan (PDP) di Gunungkidul juga ikut bertambah. Hingga Selasa siang sudah ada sembilan PDP yang meninggal dunia: tiga pasien berasal dari Kecamatan Ponjong, dan masing-masing satu pasien dari untuk Wonosari, Semanu, dan Karangmojo.

“PDP yang meninggal dunia dimakamkan menggunakan standar Covid-19. Hal ini dilakukan sesuai dengan standard dari Kementerian Kesehatan. Selain itu, untuk antisipasi karena PDP yang meninggal belum diketahui statusnya apakah positif Corona atau belum,” katanya.

Hingga saat ini PDP di Gunungkidul berjumlah 46 orang dan enam di antara mereka masih dirawat di rumah sakit. Sementara itu, jumlah orang dalam pemantuan (ODP) mencapai 929. Tiga di antara mereka masih menjalani perawatan. “Pengambilan spesimen mencakup 21 orang. Adapun hasilnya, tiga dinyatakan positif, 16 negatif. Sedangkan lima lainnya masih dalam proses uji lab,” katanya.