Catat! Malam Ini Kraton Jogja Rilis Film Dokumenter Sultan HB X

Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat membuka Simposium Internasional terkait Budaya Jawa dan Naskah Keraton di Royal Ambarukmo Hotel, Selasa (5/3/2019). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
16 April 2020 11:57 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Kraton Yogyakarta akan merilis film dokumenter yang mengungkap kisah hidup sang Raja Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat sekaligus Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, malam ini, Kamis (16/4/2020). Informasi tentang penanyangan film ini dibagikan akun resmi @kratonjogja di Instagram pada Kamis (16/4/2020) pagi.

Di video singkat unggahan tersebut disebutkan bahwa film ini akan membuat penontonnya mengenal lebih dekat Sultan HB X. Sebagai teaser, Sultan HB X di video itu mengingatkan masyarakat Jawa, khususnya Jogja, akan satu petuah.

"Kelangan bondo podo karo ora kelangan opo-opo. Kelangan nyowo podo karo kelangan separo [Kehilangan harta sama dengan tidak kehilangan apa-apa. Kehilangan nyawa sama dengan kehilangan separuh]. Kelangan harga diri atau martabat itu sama dengan kehilangan segalanya, sehingga jangan berkorban harga diri kita hanya untuk ditawar dengan sejumlah uang," ucap pria 74 tahun yang lahir dengan nama Bendara Raden Mas Herjuno Darpito ini.

Menurut keterangan @kratonjogja, dalam film tersebut, suami dari Permaisuri Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas ini akan menceritakan masa kecilnya hingga dewasa. Selain itu, dibeberkan pula tugasnya sebagai Raja dan Gubernur DIY.

Tak hanya itu, film produksi Tepas Tandha Yekti Keraton Jogja ini juga dilengkapi dengan pendapat keluarga, staf, dan sahabat tentang keseharian Sultan HB X. Film dokumenter berjudul Danapratapa tersebut akan ditayangkan perdana di kanal YouTube Kraton Jogja malam ini, Kamis, 16 April 2020 pukul 19.00 WIB.

"Semoga dapat menemani Sahabat dan keluarga sembari tetap #dirumahaja," tutup @kratonjogja, memberikan tagar gerakan yang mendukung upaya mencegah makin meluasnya virus corona penyebab Covid-19, yang kini tengah mewabah di sleuruh dunia.

Warganet yang melihat unggahan @kratonjogja ada yang memberikan respons. Mereka menanyakan tentang bahasa yang digunakan dalam film tersebut. 

"Pakai bhsa apa ya filmnya ? Kalau bhsa jawa sy tdk mengerti," tulis @devy_pusparanie. 

"Mantull sanget.... Keren... Sehat selalu kagem ngerso dalem... Amin.... ," timpal @kevinooredoo69. 

"Siap menyimak," tulis @raddienz_win

Sumber : Suara.com, Instagram