Advertisement

33 Orang Kontak dengan Pasien Corona di Wonosari, 5 Orang Menunjukkan Tanda Positif

David Kurniawan
Kamis, 16 April 2020 - 15:27 WIB
Budi Cahyana
33 Orang Kontak dengan Pasien Corona di Wonosari, 5 Orang Menunjukkan Tanda Positif Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Jumlah pasien positif Covid-19 di Gunungkidul bisa bertambah banyak. Ancaman ini terlihat dari hasil rapid test terhadap puluhan warga yang melakukan kontak dengan pasien positif di Kecamatan Wonosari.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul langsung menggelar penyelidikan epidemiologi setelah perempuan 75 tahun asal Kecamatan Wonosari dinyatakan positif terinfeksi Corona. Perempuan tersebut diduga terinfeksi setelah menghadiri hajatan di Jawa Tengah. Penyelidikan oleh Dinkes Gunungkdul dilakukan di sekitar lokasi rumah pasien. Selama tiga hari penyelidikan, sudah ada 33 warga yang diketahui menjalin kontak dengan pasien. Puluhan orang ini kemudian menjalani rapid test.

Advertisement

Kepala Dinkes Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan dari hasil rapid test terhadap 33 warga, lima orang diindikasikan menunjukan tanda-tanda positif.

Namun, menurut Dewi, tes cepat tidak bisa menjadi acuan karena kepastian Covid-19 harus melalui tes swab. “Kelima orang itu sudah diambil swab dan sekarang masih dalam proses uji laboratorium. Kita tunggu saja hasilnya,,” kata Dewi kepada wartawan, Kamis (16/4/2020).

Untuk sementara, kelima orang ini tidak dirawat di rumah sakit rujukan dan diminta melakukan karantina mandiri. “Sambil menunggu tes swab keluar, kami berharap kelima warga ini bisa mematuhi dengan melakukan isolasi mandiri,” tuturnya.

Sejauh ini, terdapat tiga kasus positif Covid-19 di Gunungkidul, yakni satu warga Wonosari, Playen, dan Ponjong. Dua pasien, yakni warga Ponjong dan Playen, dinyatakan sudah sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement