Dukung Tenaga Medis Covid, Warga di Bantul Kirim Karangan Bunga dan Suplemen

Seorang perawat yang menangani pasien Covid-19 di RSUD panembahan Senopati Bantul saat menerima bunga dari warga sebagai sebagai penyemangat, Jumat (17/4/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
18 April 2020 06:27 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Sejumlah warga yang mengatasnamakan diri dari warga Projotamansari dan sejumlah organisasi masyarakat (ormas) mengirimkan karangan bunga untuk tenaga medis yang menangani pasien terkait Coronavirus Disease atau Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul, Jumat (17/4/2020).

Selain karangan bunga warga juga memberikan minuman suplemen penambah daya tahan tubuh. Dari pantauan di lapangan ada dua karangan bunga yang diletakkan di depan pintu masuk ruang Unit Gawat Darurat RSUD Panembahan Senopati Bantul. “Selamat berjuang tim medis RSUD Panembahan Senopati Bantul,” demikian tulisan yang ada dalam karangan bunga tersebut.

Ketua Forum Komunikasi Ormas dan Relawan (FKOR) DIY, Waljito yang ikut dalam pengiriman karangan bunga tersebut mengatakan karangan bunga itu sebagai bagian dari dukungan warga atas kinerja tim medis yang menangani pasien Covid, mulai dari dokter, perawat, dan paramedis.

“Tenaga medis selama ini menjadi ujung tombak yang telah mengorbankan waktu dan nyawanya demi menolong masyarakat dari ancaman virus Corona,” kata Waljito.

Ia ingin masyarakat mengapresiasi kinerja tim medis di masa pandemi ini. Waljito tidak ingin adanya penolakan kepada tim medis saat pulang ke rumah atau ke indekos seperti yang terjadi di daerah lain yang sampai menolak pemakamannya. Selain itu Waljito juga berharap masyarakat masyarakat mematuhi anjuran pemerintah untuk mengurangi beban tim medis dalam menangani pasien terkait Covid ini. “Mari bersama-sama memerangi agar Covid ini segera berakhir.

Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Panembahan Senopati Bantul, Sidiq Rohadi yang menerima karangan bunga mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat untuk tim medis yang menangani pasien Covid. “Semoga ini menjadikan semangat bagi kami hususnya tim medis,” kata dia.

“Kami minta doa pada semua masyarakat agar kami tetap sehat sehingga bisa melayani yang butuh pelayanan kepada kami,” sambung Sidiq.

Selain itu ia juga meminta masyarakat agar mematuhi imbauan pemerintah untuk tetap di rumah.

Sidiq menambahkan masyarakat juga tidak perlu khawatir saat bertemu dengan tim medis di luar rumah sakit karena tim medis yang menanani Covid-19 sudah memiliki standar operasional pelayanan sehingga selesai bertugas dan pulang ke rumah tidak perlu ada yang dikhawatirkan.