Advertisement

Warga di Gunungkidul Inisiatif Salurkan Bantuan bagi Keluarga Terdampak Pandemi Corona

Muhammad Nadhir Attamimi
Selasa, 21 April 2020 - 11:37 WIB
Nina Atmasari
Warga di Gunungkidul Inisiatif Salurkan Bantuan bagi Keluarga Terdampak Pandemi Corona Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Dampak penyebaran virus Corona di Gunungkidul terus dirasakan masyarakat, terlebih pada tingkat perekonomian yang dimana salah satunya dipengaruhi akibat ratusan pekerja sudah dirumahkan. Dengan kondisi seperti ini, pihak desa pun tak tinggal diam, secara inisiatif langsung membantu warga terdampak.

Seperti yang dilakukan oleh pemerintah desa Kepek, Wonosari. Kepala Desa Kepek, Bambang Setiawan mengungkapkan bantuan tersebut merupakan hasil gotong-royong para warga yang memiliki kepedulian yang tinggi kepada masyarakat lainnya yang terdampak.

Advertisement

"Warga memang inisiatif membantu warga yang terdampak dengan urunan dana untuk membeli sembako," kata Bambang, Senin (20/4/2020).

Selain itu, lanjut dia, dukungan juga hadir dari para mitra-mitra ataupun perusahaan yang turut mendonasikan sedikit dananya sebagai upaya untuk membantu warga terdampak. "Dari kecamatan juga telah sepakat dana sosial Program Pengembangan Kecamatan [PPK] dipakai untuk membantu warga," paparnya.

Begitupula yang dilakukan oleh Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari. Kepala Desa Ngalang, Kadri mengungkapkan warga yang memiliki kemampuan secara finansial dan ekonomi sudah turut bersama gotong-royong mengumpulkan dana untuk membeli sembako apun kebutuhan warga yang terdampak.

"Memang ada beberapa masyarakat yang memiliki rezeki lebih turut membantu masyarakat yang terdampak," paparnya.

Bantuan juga tidak hanya dari warga Ngalang langsung, namun beberapa dari dermawan dan pihak institusi pendidikan di DIY. Sehingga ia sangat bersyukur banyak orang yang ingin membantu warganya. Menurut dia, dalam kondisi seperti ini, masyarakat sangat membutuhkan bantuan dan support dari berbagai kalangan.

Kadri menuturkan pihakpun terus berupa menekan penyebaran virus Corona di desa, dengan terus meningkatkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah mulai dari melakukan penyemprotan, imbauan isolasi mandiri hingga menganjurkan para pemudik yang masih di perantauan untuk tidak pulang sementara waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Google Kembali Pecat Karyawan yang Protes Proyek Kerja Sama dengan Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement