Warga Bantul yang Baru Pergi dari Daerah Ini Bisa Jalani Rapid Test Corona

Ilustrasi - Freepik
04 Mei 2020 03:27 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Kesehatan Bantul terus memperluas jangkauan tes cepat melalui rapid diagnostic test (RDT) kepada masyarakat sebagai deteksi dini coronavirus disease (Covid-19). Bulan ini, Dinas Kesehatan Bantul membuka pendaftaran bagi siapa saja yang ingin menjalani tes.

Namun sasaran tes hanya untuk masyarakat tertentu, yakni warga yang baru melakukan perjalanan dari luar daerah terutama daerah zona merah atau wilayah yang sudah terjangkit seperti Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan Bali. Sasaran lainnya adalah warga yang pernah bersinggungan langsung dengan pasien dalam pengawasan (PDP) atau pasien yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Untuk mengikuti tes tersebut, warga cukup mendaftar lewat website deteksicorona.bantulkab.go.id. pendaftaran dibuka mulai 3-5 Mei dari pukul 09.00-12.00 WIB. Sementara, proses pemeriksaannya akan dilakukan serentak pada 5 dan 12 Mei 2020 di Halaman Dinas Kesehatan Bantul.

“Target yang akan kami periksa 250 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penularan Infeksi Covid Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso, Minggu (3/5/2020). 

Sebelumnya, tes massal juga dilakukan pada 28 April lalu yang menyasar pihak-pihak yang rentan penyebaran Corona karena banyak bertemu dengan orang banyak, di antaranya sukarelawan kemanusiaan, petugas Palang Merah Indonesia (PMI), termasuk jurnalis.