Advertisement

Transportasi Dilonggarkan, Organda DIY Berharap Ada Pemantauan Angkutan Liar

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 12 Mei 2020 - 09:37 WIB
Nina Atmasari
Transportasi Dilonggarkan, Organda DIY Berharap Ada Pemantauan Angkutan Liar Foto ilustrasi. - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY mengharapkan aparat penegak hukum dapat tegas menindak angkutan liar selama pelonggaran transportasi, karena kekhawatiran tidak adanya standar protokol pencegahan Covid-19.

Ketua Organda DIY, Hantoro mengatakan pihaknya akan mencoba mengikuti kebijakan pemerintah terkait pelonggaran transportasi. “Ya sudah kami ikuti untuk jalan, karena daripada angkutan liar juga yang jalan tidak ada standar protokol pencegahan Covid-19. Itu kan kendaraan biasa kecil, jadi dari physical distancing saja tidak terpenuhi,” ucap Hantoro, Senin (11/5/2020).

Advertisement

Hantoro mengatakan kebijakan yang diambil pemerintah ini sebanarnya juga terbilang mendadak dan cukup membingungkan bagi pelaku usaha. Bagaimanapun yang dirugikan menurut Hantoro, nantinya masyarakat juga. Oleh karenanya dengan saat ini berjalannya sejumlah angkutan, meski tidak banyak Ia mengharapkan tetap sesuai protokol pencegahan Covid-19.

“Kalau di terminal kan jelas bisa dilihat riwayat perjalanan, tujuan perjalanan, kemudian juga kondisi kesehatannya. Kalau memang tidak memenuhi aturan yang ada ya ditolak. Sekarang juga tidak bisa mengangkut penumpang sembarangan di jalan,” ucapnya.

Dia mengatakan jika memang harus berhenti sementara pun para pelaku usaha sudah siap. Terpenting menurutnya saat ini bagaimana memutus mata rantai penyebaran Covid-19 terlebih dahulu. Saat ini juga hanya beberapa perjalanan dikatakan Hantoro yang dilayani, paling banyak biasanya dari Kuningan, Jawa Barat.

Jika melihat data dari Terminal Giwangan jumlah penumpang bis AKAP telah mengalami penurunan cukup signifikan pada Selasa (28/4/2020) jumlah penumpang datang hanya 65 dan berangkat 300 penumpang.

Angka tersebut cukup jauh jika dibandingkan hari sebelumnya atau Senin (27/4/2020) dimana jumlah penumpang datang sebanyak 280, dan penumpang berangkat mencapai 753 orang. Jumlah penumpang di Terminal Giwangan pun semakin turun dari waktu ke waktu. Pada Senin (11/5/2020) jumlah penumpang datang hanya 40 dan penumpang berangkat 95 penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelombang I Pemberangkatan Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci Dijadwalkan 12 Mei 2024

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement