Penerimaan Murid Madrasah di DIY Dimulai Juni

Ilustrasi PPDB. - JIBI
15 Mei 2020 19:17 WIB Lajeng Padmaratri Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sleman akan memulai massa penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2020 pada bulan Juni mendatang. Saat ini tahap penyiapan petunjuk teknis masih dilakukan.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Sleman, Ahmad Fauzi mengatakan PPDB 2020 akan dimulai bulan Juni karena siswa madrasah akan memasuki tahun ajaran baru 2020/2021 pada bulan Juli. Menurutnya, agenda PPDB 2020 oleh Kemenag Sleman kurang lebih sama dengan agenda Dinas Pendidikan Sleman meskipun saat ini belum ada petunjuk teknisnya.

"PPDB secara umum itu calon peserta didik mendaftar jalur reguler. Namun, Kemenag juga membuka lewat jalur prestasi. Ada uji kompetensi yang harus dipenuhi," kata Ahmad pada Jumat (15/5/2020). Lewat jalur prestasi itu, kata dia, setiap madrasah wajib untuk mengangkat keunggulan dan kekhasan madrasah.

Ia menambahkan PPDB 2020 ini juga akan dilaksanakan secara daring. Hal ini untuk mengurangi potensi kerumunan massa di madrasah dan Kemenag Sleman.

Kepala Kemenag Sleman Sa'ban Nuroni berharap pada masa PPDB 2020 mendatang situasi pandemi sudah normal. Meski begitu, pihaknya tetap menyiapkan sistem penerimaan siswa dengan metode daring.

"Semuanya kita alihkan online tentunya dengan kemampuan dan keterbatasan yang ada. Teman-teman pendidik sudah mulai terbiasa dengan hal ini, walaupun tidak begitu leluasa," ujarnya.