4 Kecamatan di Kulonprogo Cairkan Bansos APBD Pekan Ini, 7 Sisanya Setelah Lebaran

Suasana penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kalurahan Jatisarono Nanggulan yang sangat rapi tanpa kerumunan. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
17 Mei 2020 22:07 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Pemda DIY telah menyiapkan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Di Kulonprogo, bansos itu mulai disalurkan, Minggu (17/5/2020) kepada 17.594 kepala keluarga.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kulonprogo, Yohanes Irianta, menerangkan penyaluran Bansos Covid-19 APBD DIY itu dilakukan secara bertahap di masing-masing kalurahan. Untuk hari ini disalurkan kepada KK penerima bantuan yang tinggal di Kapanewon Nanggulan.

Selanjutnya pada Senin (18/5/2020) di Girimulyo dan Temon, lalu sehari setelahnya atau Selasa (19/5/2020) di Wates dan Kalibawang. "Sisanya yakni tujuh kapanewon sesudah lebaran," ujar Irianta, Minggu.

Irianta menjelaskan, bantuan yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat itu berupa uang sebesar Rp1,2 juta. Uang itu disalurkan secara bertahap sebanyak tiga kali per bulan dengan masing-masing nominal Rp400.000.

"Bantuan ini untuk KPM yang belum tercover program pemerintah lain," ucapnya.