Begini Asal Mula 2 Perawat RSUP Sardjito Terinfeksi Covid-19

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
21 Mei 2020 18:17 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Gugus Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan enam penambahan kasus positif pada Kamis (21/5/2020), dua diantaranya tenaga kesehatan RSUP Sardjito.

Pihak rumah sakit memastikan nakes tersebut tidak tertular dari pasien di RSUP Sardjito.

Kabag Hukum dan Humas RSUP Sardjito, Banu Hermawan, mengatakan kasus positif nakes merupakan hasil tracing massal terhadap nakes RSUP Sardjito yang berada di salah satu ruang perawatan dimana kedua nakes tersebut bertugas.

Di ruang perawatan tersebut dilakukan tracing karena adanya satu residen (dokter residen) yang ditemukan positif covid-19, yakni kasus 152, yang bertugas di ruangan itu. "Residen ini tidak menangani langsung pasien Covid-19. Bukan residen kamar isolasi," ungkapnya.

Meski demikian, residen ini memang pernah bersinggungan dengan pasien Covid-19 yang sudah mengalami tes swab dua kali dengan hasil negatif. Adapun dua nakes positif ini merupakan perawat, yang saat ini dirawat di RSUP Sardjito.

"Dua perawat itu awalnya tidak menunjukkan gejala. Baru beberapa hari setelah kontak dengan residen positif, muncul gejala batuk. Kondisi mereka saat ini cukup baik, sadar dan tidak muncul gejala demam," katanya.