Advertisement

Warga Berbelanja Meningkat Jelang Lebaran, Pengunjung Pasar di Sleman Tak Jaga Jarak

Hery Setiawan (ST18)
Kamis, 21 Mei 2020 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Warga Berbelanja Meningkat Jelang Lebaran, Pengunjung Pasar di Sleman Tak Jaga Jarak Kerumunan pengunjung terpantau di los sayur Pasar Sleman, Kamis pagi (21/5/2020).-Harian Jogja - Hery Setiawan (ST18)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Empat hari jelang Hari Raya Idulfitri, Pasar Sleman dan Pasar Rejodani terpantau mulai terjadi peningkatan pengunjung.

Penumpukan di beberapa los pasar juga terlihat sejak pukul 05.30 WIB. Sayangnya, masih ada pengunjung yang tidak mematuhi anjuran untuk menjaga jarak dan memakai masker.

Advertisement

Penumpukan pengujung itu salah satunya terlihat di los-los sayuran Pasar Sleman. Sementara los-los lainnya terpantau masih lengang. Yani, 46, salah seorang pedagang di sana mengaku memang ada peningkatan. Hanya saja, jumlahnya tidak begitu signifikan daripada hari-hari sebelumnya.

"Ya tetap ada sih, tapi ya jumlahnya tidak banyak. Masih kalah jauh dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," katanya, Kamis (21/5/2020).

Lain hal dengan Pasar Rejodani, Desa Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman. Di sana, penumpukan pengujung terjadi di hampir semua penjuru pasar. Selain karena peningkatan pengunjung, faktor lain yang menyebabkan penumpukan tidak lain karena sempitnya kapasitas pasar.

Lurah Pasar Rejodani, Supriyanto mengatakan jalan yang berada di dalam pasar tidak cukup lebar untuk menampung lonjakan pengunjung yang terjadi setiap pagi. Hal itulah yang menurutnya cukup sulit menegakkan pembatasan fisik di sana. Ketika ditemui Harianjogja.com, ia sedang berada di tengah kerumunan, mengangkat megafon sambil memberikan peringatan kepada pengunjung.

"Ada kerumunan dan ada yang gak pakai masker. Kata mereka [pengunjung] lupa. Padahal saya keliling pasar sambil ngasih peringatan ke pengunjung sampai kering kerongkongan saya kering. Tapi ya tetap susah," keluh laki-laki yang akrab disapa Yanto itu.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Usaha Perdagangan Disperindag Sleman, Kurnia Astuti memprediksi puncak peningkatan pengujung akan terjadi pada Sabtu (23/5/2020) mendatang atau sehari sebelum Idulfitri. Kendati begitu, jumlahnya tidak akan sebesar tahun-tahun sebelumnya.

Menurut perempuan yang akrab disapa Kurnia itu momen pencairan bansos yang dilakukan mendekati hari raya mampu meningkatkan daya beli masyarakat. Secara otomatis, hal itu juga memicu terjadinya peningkatan pengunjung di pasar.

"Kebetulan ini pas momen bantuan sosial cair dan masyarakat tetap punya kebetulan untuk lebaran," katanya kepada Harian Jogja melalui pesan singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement