Advertisement

Ini Lokasi-Lokasi yang Ramai di DIY meski New Normal Belum Berlaku

Lugas Subarkah & Catur Dwi Janati
Minggu, 07 Juni 2020 - 22:07 WIB
Budi Cahyana
Ini Lokasi-Lokasi yang Ramai di DIY meski New Normal Belum Berlaku Sejumlah pesepeda berswafoto dengan latar belakang kawasan pedestrian Malioboro, Jogja, Minggu (7/6/2020). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad, mengatakan keramaian pada Sabtu (6/6/2020) malam dan Minggu (7/6/2020) didominasi oleh pengguna sepeda di sekitar Malioboro dan Titik Nol. Selain di dua lokasi di pusat kota tersebut, ada beberapa tempat yang menjadi pusat keramaian selama pandemi Covid-19.

"Cukup mengkhawatirkan karena tidak mengindahkan protokol kesehatan," ujarnya.

Advertisement

Munculnya titik-titik keramaian ini menurutnya terjadi karena masyarakat mendengar kabar kasus Covid-19 mulai melandai. Padahal, DIY saat ini masih menerapkan status masa tanggap darurat hingga Selasa (30/6/2020) mendatang.

"Satpol PP konsisten dengan penegakan protokol kesehatan. Namun di samping itu, diperlukan kesadaran masyarakat untuk mendukungnya," katanya.

Jawatannya bersama tim Pengamanan dan Penegakan Hukum Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY setiap hari mengawasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 23.30 WIB, dengan mengerahkan setidaknya 180 personel.

Pengawasan tersebut dibagi dalam tiga sif, masing-masing sif terdiri dari 10 regu yang ditempatkan di sejumlah titik. Malioboro dan Alun-Alun Utara diawasi oleh dua regu karena menjadi pusat keramaian.

Menurut catatan Satpol PP DIY, sejumlah titik yang kerap menimbulkan keramaian adalah di sepanjang Malioboro, Alun-Alun Utara sisi timur, Alun-Alun Selatan, Titik Nol, Tugu, Pasar Giwangan, Pasar Kranggan, Pasar Sentul, Pasar Demangan, Ruko Babarsari, Mi Gacoan Jalan Taman Siswa, toko emas Jalan Godean, dan toko sepeda Jalan Brigjen Katamso.

Meski kasus covid-19 di DIY cenderung menurun, ia tetap mengimbau masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan. "Tetap pakai masker, terus jaga jarak," ujarnya.

Ketua Satpol PP Kota Jogja, Agus Winarto, menegaskan  tetap menertibkan warga yang menimbulkan kerumunan secara persuasif. "Kami akan berikan imbauan kepada para warga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement