Advertisement

Fajar Gegana Dilantik Jadi Wabup Kulonprogo Kamis, Dewan Minta Wabup Segera Kerja

Jalu Rahman Dewantara
Senin, 08 Juni 2020 - 21:47 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Fajar Gegana Dilantik Jadi Wabup Kulonprogo Kamis, Dewan Minta Wabup Segera Kerja Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Wakil Bupati (Wabup) Kulonprogo terpilih sisa masa jabatan 2017-2022, Fajar Gegana, bakal dilantik oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, di Gedung Pracimosono kompleks Kepatihan, Jogja, Kamis (11/6/2020).

Karena digelar di tengah masa pandemi Covid-19, jumlah tamu undangan dibatasi hanya 20 orang. Dari Kulonprogo pejabat yang diundang antara lain Ketua DPRD, Bupati dan Sekda. "Informasinya seperti itu, tetapi saya belum menerima undangan," ucap Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati, Senin (8/6/2020).

Advertisement

Akhid menyatakan peran Fajar selaku wabup diharapkan bisa segera terlihat, utamanya dalam upaya penanggulangan Covid-19 di Kulonprogo. "Tugas yang perlu segera dilaksanakan adalah ikut serta dalam penanggulangan dampak Covid-19, terutama dampak ekonomi dan sosial, karena ini sangat membutuhkan penanganan serius," ujar Akhid.

Kekosongan wabup menurut Akhid cukup berpengaruh terhadap upaya penanggulangan dampak Corona. Dia mencontohkan di daerah lain, tim gugus tugas penanggulangan Covid-19 diketuai oleh wabup, sementara di Kulonprogo karena jabatan wabup kosong, maka ketua gugus tugas diemban oleh Sekretaris Daerah (Sekda).

Selain penanggulangan Corona, tugas lain yang tak kalah penting adalah menguatkan koordinasi antar organisasi perangkat daerah (OPD) dalam upaya memajukan Kulonprogo seiring beroperasinya Yogyakarta International Airport (YIA). Ide segar dan energi Fajar yang disebut mewakili kalangan milenial sangat dibutuhkan.

Fajar Gegana mengaku tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi pelantikan dirinya sebagai wabup baru Kulonprogo. Persiapan hanya sebatas koordinasi dengan Pemkab setempat. "Kalau persiapan, saya kira tak ada yang khusus, karena kami sudah menunggu agak lama, tinggal menjalani saja. Cuma sebatas koordinasi dengan bagian rumah tangga atau Sekda," ujarnya.

Fajar menyatakan seusai dilantik dia akan langsung bekerja membantu ketugasan Bupati. Program paling dekat yang akan dilakukannya yaitu turut serta dalam penanggulangan dampak Covid-19. "Kalau program jangka pendek dan paling urgen yakni penanggulangan dampak Covid-19. Karena memang covid perlu perhatian khusus. Apalagi sekarang jelang masuk fase new normal. Harus ada kesadaran di dalam diri kita terhadap tanggung jawab kesehatan kita masing-masing," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1.119 WNI Berhasil Dipulangkan ke Tanah Air dari Zona Konflik hingga Bencana Alam

News
| Sabtu, 27 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement