Advertisement

Hilang Sehari, Pencari Lobster Ditemukan Mengambang di Pantai Kesirat

David Kurniawan
Selasa, 09 Juni 2020 - 20:07 WIB
Nina Atmasari
Hilang Sehari, Pencari Lobster Ditemukan Mengambang di Pantai Kesirat Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Tim gabungan berhasil menemukan jasad Wasgiyanto, nelayan pencari lobster yang hilang di kawasan Pantai Kesirat, Desa Girikarto, Panggang sejak Senin (8/6/2020) dini hari. Korban ditemukan mengambang tidak jauh dari lokasi pada saat terjatuh pada Selasa (9/6/2020) siang.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Surisdiyanto mengatakan, pencarian kedua nelayan yang hilang membuahkan hasil. Hal ini dikarenakan, tim evakuasi menemukan korban, meski dalam keadaan meninggal dunia. “Dengan ditemukannya korban, maka operasi pencarian dihentikan,” kata Suris kepada wartawan, Selasa (9/6/2020).

Menurut dia, pencarian di hari pertama sempat mengalami kendala karena kencangnya embusan angin membuat tim kesulitan mencari melalui akses lalu. Di hari kedua, kondisi lebih baik karena arus tidak kencang sehingga pencarian dilakukan melalui jalur darat maupun laut.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Untuk jalur laut pencarian difokuskan radius tiga mill dari lokasi pertama kali hilang. Sedangkan untuk jalur darat difokuskan sejauh dua kilometer. “Setelah mencari akhirnya korban ditemukan mengamban sejauh 50 meter dari lokasi terjatuh,” ungkapnya.

Setelah korban ditemukan langsung dievakuasi ke Pantai Baron, untuk kemudian diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan. “Kami berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu pencarian,” katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Marjono. Menurut dia, korban hilang karena terjatuh saat mencari lobster. “Korban sudah ketemu di hari kedua pencarian dan sudah diserahkan ke keluarga,” katanya.

Marjono mengungkapkan, kejadian nelayan pencari lobster terjatuh bukan pertama kalinya. Diapun berharap kepada nelayan untuk lebih berhati-hati sehingga terhindar dari korban kecelakaan laut. “Harus waspada dan tetap berhati-hati. Biar aman, lebih baik saat pencarian tidak dilakukan sendirian,” katanya.

Untuk diketahui, Wasgiyanto pada Senin dinihari bersama seorang temannya pergi untuk menangkap lobster di kawasan Pantai Kesirat. Meski berangkat bersama, tapi lokasi penangkapan berbeda. Korban diketahui hilang saat temannya menunggu di area parkiran motor hingga beberapa jam. Sadar ada yang tidak beres, saksi pun langsung melakukan pegecekan ke lokasi penangkapan, tapi tidak menemukan Wasgiyanto di sekitar lokasi.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelajah Kuliner: Resep Leluhur Kopi Pit, Merawat Warisan dan Pengunci Kenangan

News
| Jum'at, 30 September 2022, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Hadir Tempat Glamping Baru di Jogja, Arkamaya Sembung Namanya

Wisata
| Jum'at, 30 September 2022, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement