Advertisement

Buntut Klaster Bakul Ikan, Pemkot Jogja Perluas Penelusuran ke Berbagai Pasar Tradisional

Catur Dwi Janati
Rabu, 10 Juni 2020 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Buntut Klaster Bakul Ikan, Pemkot Jogja Perluas Penelusuran ke Berbagai Pasar Tradisional Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Upaya penelusuran atau tracing terhadap klaster pemasok ikan diperluas. Setelah melakukan rapid test kepada pedagang ikan Pasar Kranggan, Pasar Demangan, dan Pasar Beringharjo, penelusuran diperluas ke beberapa pasar lain di Kota Jogja yang terdapat pedagang ikan.

"Perluasan tracing dilakukan karena menurut pengakuan mereka [pemasok ikan dari Gunungkidul] ternyata mendistribusikan ikan ke sejumlah pasar di Kota Jogja, sehingga begitu ada informasi tersebut saat itu juga ke pasar-pasar lain Kota Jogja khususnya pedagang ikan," jelas Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi pada Rabu (10/6/2020).

Advertisement

Heroe mengatakan proses tracing masih berlangsung sehingga belum diperoleh data hasil penelusuran seperti apa. "Hari ini masih berjalan [tracing] di sejumlah pasar yang ditunjuk pasien positif dari Gunungkidul," ujarnya.

Diakui Heroe hingga kini belum memperoleh informasi menyangkut apakah di Kota Jogja ada yang reaktif terkait klaster pemasok ikan. "Saat ini akhirnya tim terpecah antara tim RDT acak dan tim Tracing, sehingga kita masih menunggu hasil dari Tracing kemarin," terangnya.

Sebelummya dari tracing kepada 39 pedagang ikan Pasar Kranggan, ditemukan satu orang pedagang asal Sleman dinyatakan reaktif melalui RDT yang kemudian diuji swab oleh Pemkab Sleman. Namun hasil RDT tahap dua dari 38 pedagang lainnya masih menunggu jeda waktu seminggu. Sementara itu hasil tracing pedagang ikan di Pasar Demangan dan Pasar Beringharjo serta pasar lainnya hingga saat masih belum keluar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement