Begini Riwayat Bakul Ikan Asal Sleman Terinfeksi Virus Corona

Foto ilustrasi. - Reuters
11 Juni 2020 19:57 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Jumlah kasus positif Covid-19 dari klaster pemasok ikan di DIY kembali bertambah. Teranyar, Satgas Covid-19 DIY mencatat kasus 254, seorang laki-laki warga Sleman berusia 50 tahun, dinyatakan terjangkit virus Corona dari klaster ikan ini.

"Berdasarkan informasi yang saya terima, kasus 254 ini supplier ikan yang dalam perjalanan dari Pasar Obong Semarang satu mobil dengan kasus dari Gunungkidul yang sudah positif lebih dulu," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo, Kamis (11/6/2020).

Dinkes, kata Joko, terus melakukan penelusuran terhadap potensi penyebaran Covid-19 ini di kalangan pedagang di pasar-pasar tradisional, tidak hanya sebatas pedagang ikan. Terbukti, pada Selasa (9/6/2020) sebanyak 710 pedagang mengikuti rapid test massal di mana 30 orang di antaranya juga diminta melakukan uji swab.

Dari jumlah tersebut, 24 pedagang dinyatakan reaktif saat dirapid test. Mereka yang reaktif langsung diuji swab di rumah sakit rujukan. Sampai saat ini, katanya, Dinkes masih menunggu hasilnya. "Untuk kasus 254 yang positif, sesuai protokol akan dilakukan tracing ke orang-orang terdekat," katanya.