Advertisement

3 Warga Kulonprogo Reaktif Rapid Test Setelah Jalin Kontak dengan Bakul Ikan Positif Covid-19

Jalu Rahman Dewantara
Sabtu, 13 Juni 2020 - 19:27 WIB
Budi Cahyana
3 Warga Kulonprogo Reaktif Rapid Test Setelah Jalin Kontak dengan Bakul Ikan Positif Covid-19 Ilustrasi - Antara/Yusuf Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Tiga warga Kulonprogo menunjukkan hasil reaktif setelah menjalani rapid test Covid-19 lantaran menjalin kontak dengan pedagang ikan dari Desa Jogoboyo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Dinas Kesehatan Kulonprogo, Baning Rahayujati, mengatakan warga yang mengikuti rapid test ini sebanyak 19 orang. Sebanyak 11 orang dari Temon, lima dari Wates lima orang, dua dari Galur, dan satu dari Pengasih.

Advertisement

“Seluruhnya berstatus orang tanpa gejala [OTG], sekarang melakukan isolasi mandiri di rumah dan setelah rapid test pertama siang tadi, tiga orang di antara mereka reaktif,” kata Baning, Sabtu (13/6/2020).

Ketiga orang itu terdiri dari pedagang dan konsumen yang membeli ikan pada pedagang  yang positif. Namun Baning enggan menyebutkan lokasi tempat tinggal ketiga orang itu. "Sampai dengan status jelas, sementara kami belum menginfokan alamat," ujarnya.

Baning mengatakan tiga warga yang reaktif dijadwalkan melakukan tes swab pada Senin-Selasa (15-16/6/2020) lusa. Sisanya akan menjalani rapid test kedua setidaknya 10 hari ke depan.

“Gugus tugas desa dan kecamatan bekerja sama dengan UPT Pasar Kulonprogo saat ini masih melacak pedagang di pasar yang kemungkinan kontak erat dengan kasus positif Jogoboyo," ucapnya.

Pada dua hari belakang ini, Gugus Tugas Covid-19 Kulonprogo juga mendapatkan laporan tiga orang reaktif saat melakukan rapid test mandiri. Ketiga orang yang tidak disebutkan alamat dan latar belakangnya itu akan menjalani tes swab pada Senin dan Selasa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement