Jelang New Normal, Seperti Ini Penerapan Protokol Kesehatan di Pasar Beringharjo

Suasana los pedagang pakaian batik melayani pembeli di Pasar Beringharjo, Jogja, Selasa (16/06/2020). - Harian Jogja/Desi Suryanto
16 Juni 2020 18:17 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Meski masih ada pandemi Corona, Pasar Beringharjo di Kota Jogja tetap dibuka. Seperti apa suasananya kini?

Pada Selasa (16/6/2020), pasar tradisional terbesar di DIY ini dikunjungi segelintir orang. Tampak jalan antara kios dan los sepi. Meski demikian, pedagang los dan kios tetap membuka dagangannya.

Ada protokol kesehatan yang diterapkan di pasar tersebut, seperti tampak pada foto-foto yang diambil oleh fotografer Harian Jogja, Desi Suryanto berikut ini.

Para pedagangnya kini mengenakan face shields saat melayani pembeli. Hal itu dilakukan guna mencegah penularan virus Covid-19, di tengah meningkatnya pergerakan masyarakat menyambut masa new normal.

Pengelola pasar juga melakukan rekayasa arus pengunjung dengan membuat petunjuk arah jalan di lantai pasar berupa stiker hitam.

Selain itu, dipasang pula garis pagar pembatas di tengah jalan dalam pasar. Tujuannya agar pembeli yang berjalan di antara los dan kios tidak berpapasan.