Museum Gunung Merapi Akan Kembali Buka Pertengahan Juli

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji (kanan) didampingi Bupati Sleman Sri Purnomo (kedua kanan) dan Kepala BI Kantor Perwakilan DIY, Hilman Tisnawan (ketiga kanan), membuka kegiatan Implementasi QRIS, Edukasi, Digitalisasi Pembayaran dan Akselerasi Elektronifikasi (QRedibel), di Museum Gunung Merapi (MGM), Sleman, beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
04 Juli 2020 19:07 WIB Lajeng Padmaratri Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman berencana membuka operasional Museum Gunung Merapi pertengahan bulan ini. Sebelum itu, peninjauan dan simulasi penerapan protokol pencegahan Covid-19 di museum akan dilakukan.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantara mengatakan jawatannya tengah mempersiapkan sejumlah hal untuk pembukaan operasional museum di Sleman.

“Saat ini sedang dipersiapkan, rencana Museum Gunung Merapi buka pertengahan bulan, uji coba pekan depan,” kata Aji pada Sabtu (4/7/2020).

Uji coba pembukaan museum ini, kata Aji, mengacu pada Surat Edaran Pemkab Sleman No. 556/01547 tentang Uji Coba Penyelenggaraan Kepariwisataan, Kegiatan Hajatan, dan Sosial Kemasyarakatan Secara Terbatas. Pengelola museum nantinya harus mengajukan permohonan rekomendasi uji coba kegiatan kepariwisataan secara terbatas ke Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sleman.

Menurutnya, dalam masa uji coba hingga pembukaan seluruh museum di Sleman, seluruh pihak mulai dari wisatawan dan pengelola museum harus menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Protokol itu sesuai dengan arahan Kemenkes seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak.

"Protokol seperti cuci tangan pakai sabun, pakai masker, itu harus diwujudkan dalam rencana tindak yang konkrit," tambahnya.

Terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sleman, Shavitri Nurmala Dewi mengatakan sebelum dibuka, Museum Gunung Merapi akan menjalani simulasi pembukaan pada minggu depan.

"Akan disimulasikan dulu minggu depan, masih kami koordinasikan. Terkait museum lain saya belum dapat infonya," kata Evie, sapaannya.

Ia menambahkan pembukaan setiap museum di Sleman nantinya harus mengantongi surat rekomendasi dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sleman. "Ada surat edaran seperti destinasi wisata juga, jadi harus minta rekomendasi dari gugus tugas," katanya.