Advertisement

Tak Ada Tatap Muka, MPLS Hari Pertama Masuk Sekolah di Bantul Digelar Daring

Jumali
Minggu, 12 Juli 2020 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Tak Ada Tatap Muka, MPLS Hari Pertama Masuk Sekolah di Bantul Digelar Daring Ilustrasi. - SOLOPOS/Ratna Puspita Dewi

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL -Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait dimulainya tahun ajaran baru 2020 untuk tingkat SMP dan sederajat di wilayahnya, Senin (13/7/2020).

Edaran tersebut berisi mengenai sistem pembelajaran yang dilakukan adalah dalam bentuk baik kombinasi, daring, dan luring.

Advertisement

Kepala Disdikpora Bantul Isdarmoko mengatakan, kegiatan belajar mengajar tahun ajaran baru dimulai dengan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). Berbeda dengan tahun ajaran sebelumnya, di mana MPLS digelar dengan tatap muka, maka dengan kondisi pandemi Covid-19 maka digelar melalui Live Streaming.

“Untuk pelaksanaan pembelajarannya dilakukan selama enam hari dan menanggalkan ekstrakulikuler,” kata Isdarmoko, Minggu (12/7/2020).

Ia menambahkan, meski MPLS digelar, tetapi bukan sebuah kewajiban bagi siswa harus mengikutinya. Disdikpora memilih menyerahkan perihal teknis pelaksanaan kegiatan ini kepada sekolah.

Sedangkan untuk tingkat taman kanak-kanak, sekolah diberikan keluasaan sesuai dengan situasi kondisi sekolah dan orang tua.

“Bisa diawali dengan pertemuan langsung dengan standar protokol kesehatan yang ketat. Namun, menyesuaikan jumlah dan kondisi lingkungan sekolah,” lanjutnya.

Sementara terkait dengan pengambilan peralatan sekolah, Isdarmoko, diserahkan oleh sekolah. Begitu juga dengan, materi ajaran baru.

“Karena yang ditekankan adalah pendidikan karekternya,” terangnya.

Sementara guru TK 42 Dlingo Pratiwi mengatakan, pihaknya tetap menggelar MPLS. Di mana, sekolah membuat video, mengenalkan alat-alat permainan, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), fasilitas sekolah, ruangan sekolah, pengajar sekolah dan lain-lain. Video tersebut kemudian akan dikirimkan ke orang tua murid.

“Nanti langsung kami kirimkan ke orang tua. Harapan, orang tua bisa mengarahkan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement