Kabar Baik! 900 Staf Puskesmas Seluruh Jogja Sudah Uji Swab, Tak Ada yang Positif Covid-19

Ilustrasi - Freepik
15 Juli 2020 07:37 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Tes usap (swab) kepada 900 staf puskesmas di Jogja telah rampung. Tidak satu pun tenaga kesehatan puskesmas yang dinyatakan positif Covid-19.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja Tri Mardoyo menyebut seluruh petugas puskesmas yang meliputi dokter, perawat, staf administrasi, penjaga puskesmas, hingga tukang parkir telah menjalani swab sejak pekan lalu. Hasilnya dari 900 petugas yang melakoni uji usap, semuanya dinyatakan negatif Covid-19.

BACA JUGA: Berkedok Terapis Pijat, Mahasiswa Jajakan Pekerja Seks di Sleman Lewat Twitter

Hasil tersebut menjadi kabar baik di tengah banyaknya tenaga kesehatan (nakes) di wilayah lain yang terpapar Covid-19. Selanjutnya, uji usap akan dilakukan kepada petugas Jogoboro, pekerja Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan sebagainya. Para petugas lapangan tersebut dinilai berpotensi terpapar Covid-19 karena memiliki interaksi tinggi dengan kerumunan.

Tri mengatakan jumlah kasus tenaga medis di yang terpapar Covid-19 di Kota Jogja relatif rendah. Dari ribuan tenaga medis yang ada di Kota Jogja, hanya tiga orang yang terpapar. 

BACA JUGA: Anak Pejabat Sleman yang Ditangkap Sudah Pakai Narkoba Sejak Lama & Akan Direhabilitasi

“Pemkot Jogja bisa menekan paparan kasus Covid-19 sehingga tidak sampai ada puskesmas tutup atau banyak dokter  yang terpapar,” kata dia.

Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan uji usap yang dilakukan kepada petugas puskesmas sudah rampung dan akan dilanjutkan kepada petugas di instansi lain. “Harapannya ada 1.700 [orang] yang bisa kami uji swab,” jelas Heroe.