Polisi di Jogja Jadi Viral Setelah Gunakan Selang Bantu Pemotor yang Kehabisan BBM, Ini Videonya

Aiptu Suyono, Bhabinkamtibmas Notoprajan, mengalirkan BBM menggunakan selang. - Ist/tangkapan layar twitter.
15 Juli 2020 15:41 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Seorang polisi di Jogja menjadi viral lantaran tindakannya membantu pengendara yang mengalami kesulitan di jalan.

Ia adalah Aiptu Suyono, yang bertugas menjadi Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Notoprajan, Ngampilan, Kota Jogja.

Peristiwa ini bermula saat seorang pengendara sepeda motor mengalami kehabisan bahan bakar minyak (BBM) di jalan Wahid Hasyim, Ngampilan.

Baca juga: Tiba-tiba Pak Yulianto Humas Polda DIY Masuk di Grup Jogja Gowes dan Posting Video

Melihat hal itu, Aiptu Suyono yang saat itu berada di lokasi tersebut secara spontan mengambil selang. Rupanya, ia bermaksud membantu pengendara tersebut.

Ia kemudian membantu mengisikan bahan bakar ke kendaraan pesepeda motor tersebut.

Video saat Aiptu Suyono itu viral di media sosial. Dalam video berdurasi satu menit tersebut, tampak ia menggunakan selang untuk mengalirkan BBM dari kendaraannya ke sebuah botol.

Baca juga: Dengan Telaten, Polisi di Gunungkidul Ini Suapi Seorang Ibu Gangguan Jiwa

Setelah botol itu penuh, kemudian ia menuangkan BBM tersebut ke sepeda motor pengendara yang ada di dekatnya. Pemilik sepeda motor itu berdiri di dekatnya.

Setelah BBM habis dituang, pengendara itu kemudian mencoba menyalakan sepeda motornya dan berhasil. Ia kemudian menundukkan kepala kepada Aiptu Suyono sebagai ucapan terima kasih, sebelum akhirnya meninggalkan polisi yang telah menolongnya tersebut.

Video tentang aksi spontanitas polisi tersebut kemudian menjadi viral. Video yang telah diunggah di akun twitter @PoldaJogja pada 7 Juli itu diunggah kembali oleh Divisi Humas Polri melalui akun @DivHumas_Polri pada Selasa (14/7/2020) petang.

Video ini langsung mendapatkan lebih dari1,1 ribu suka warganet, serta dikomentari dan diretweet 275 kali.

Kebanyakan komentar memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan Aiptu Suyono.

"Nah, masih banyak Anggota Polri yang benar benar mengayomi masyarakat. Jadi yang bertindak seenaknya dan bahkan yang baru baru ini menganiaya saksi. Itu semua Oknum. Jangan cap negatif lembaganya. Tapi habisi Oknum nya...
Semangat.... Rakyat mendukung yang benar," tulis @Ruangcerita9.

"Pernah kehabisan bahan bakar diperjalanan, bisa merasakan betapa berartinya sebuah bantuan asupan bahan bakar yg diberi oleh org lain meski hrs sedot tangki motor. Barakallahu fikum Aiptu Suyono, Allah ta'ala pasti beri ganti yg lebih banyak utk bpk & keluarga, aamiin
Telapak tangan menyatu," tambah akun @maswege.

"Semoga yg lain juga begitu,bukan hnya polisi aja tapi untuk semua krn peduli sesama adalah terpuji.
Mks POLRI," komentar @Lumbalaut1.