Advertisement

Begini Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah yang Akan Kembali dimulai di DIY

Lugas Subarkah
Rabu, 15 Juli 2020 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Begini Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah yang Akan Kembali dimulai di DIY Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Kendati tahun ajaran baru 2020-2021 dimulai dengan pembelajaran jarak jauh karena masih kasus covid-19 yang masih cukup tinggi di DIY, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY akan tetap memberlakukan pembelajaran tatap muka dengan model yang masih digodok.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Bambang Wisnu Handoyo, mengatakan konsep pembelajaran tatap muka yang sedang disiapkan bukan model klasikal dengan seluruh siswa masuk kelas pukul 07.00-16.00 WIB, dengan tujuh mata pelajaran.

Advertisement

Pembelajaran tatap muka dalam masa adaptasi kebiasaan baru tidak akan meninggalkan pembelajaran jarak jauh sama sekali, melainkan dibagi dalam prosentase, antara 30%:70% atau 40:60%, dengan prosentase pembelajaran jarak jauh lebih banyak.

Dengan demikian maka siswa yang belajar di kelas pun tidak akan sebanyak biasanya. Pembelajaran tatap muka kata dia, akan lebih banyak untuk komunikasi terkait materi yang belum dipahami saat belajar dengan daring. “Kami menyiapkan pembelajaran jarak jauh, tapi tatap muka tetap perlu,” ujarnya.

Untuk itu, menurutnya perlu ada perubahan materi dan kurikulum agar konsep pembelajaran jarak jauh dan tatap muka ini bisa berjalan dengan optimal. Di samping itu, pihaknya juga menyiapkan standarisasi pembelajaran jarak jauh.

Hal ini mengingat selama ini meski sudah diterapkan tapi belum ada sistem yang terstandar bagi setiap sekolah. “Harus ada standarnya seperti apa agar setiap materi pelajaran dapat tersampaikan dengan baik,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement