Advertisement

Pemda Akui Kasus Corona di DIY Melonjak Setelah Jogja Semakin Terbuka

Lugas Subarkah
Senin, 20 Juli 2020 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Pemda Akui Kasus Corona di DIY Melonjak Setelah Jogja Semakin Terbuka Kadarmanta Baskara Aji. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, mengakui peningkatan kasus positif Covid-19 di wilayahnya dipengaruhi selain oleh banyaknya pemeriksaan juga dengan dibukanya DIY bagi siapa saja dari luar daerah, baik wisatawan maupun warga yang terkait urusan pekerjaan.

“Okupansi hotel juga mulai tinggi, banyak orang dari luar kota datang dan pergi yang bisa saja terpapar Covid-19,” ujarnya, Senin (20/7/2020).

Advertisement

Menurutnya, semakin banyak kasus positif yang ditemukan seharusnya masyarakat tidak perlu khawatir karena justru penanganan bisa segera dilakukan. “Kalau tidak tahu malah keluyuran. Kalau sakit ya diobati,” ungkapnya.

BACA JUGA: Identitas Nenek Viral Jualan Salak karena Dipaksa Anak Terungkap! Ternyata Warga Gamping

Untuk mengantisipasi semakin banyaknya penularan, ia meminta Gugus Tugas Penanganan COvid-19 di Kota dan Kabupaten untuk memasifkan tes swab. Hal ini perlu dilakukan agar segera diketahui seberapa banyak yang positif untuk menghindari terjadinya transmisi lokal.

Beberapa yang menjadi prioritas dalam tes swab ini kata dia, meliputi tenaga Kesehatan, tracing kasus positif, orang-orang di tempat kerumunan, pendatang dari luar kota. “Tempat kerumunan seperti pasar, destinasi wisata, begitu ada yang terkonfirmasi positif langsung diswab kontaknya,” kata dia.

Tes swab massal kata dia saat ini sudah memungkinkan karena sebanyak 240 tenaga Kesehatan di seluruh puskesmas di DIY telah dilatih untuk bisa mengambil swab, sehingga hasilnya bisa langsung dikirim ke laboratorium untuk diperiksa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement