Advertisement

Di Tengah Pandemi, Pemotongan di RPH Sleman Naik 100%

Abdul Hamied Razak
Rabu, 22 Juli 2020 - 06:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Di Tengah Pandemi, Pemotongan di RPH Sleman Naik 100% Ilustrasi penyembelihan hewan kurban. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN – Jumlah pemotongan hewan kurban di rumah pemotongan hewan (RPH) Sleman mengalami kenaikan lebih dari 100% dibandingkan tahun lalu. Hingga kini, jumlah hewan kurban yang terdaftar lebih dari 33 hewan.

Kepala UPTD Pasar Hewan Ambarketawang dan Rumah Potong Hewan Yuda Andi Nugroho mengatakan dua RPH di Sleman awalnya disiapkan untuk melayani pemotongan hewan kurban dari zona merah. Namun karena di Sleman Tak ada lagi zona merah, pihaknya melayani permohonan pemotongan hewan selama hari tasyrik untuk masyarakat umum.

Advertisement

Dia mengatakan menjelang Iduladha jumlah sapi yang terdaftar dipotong di RPH tercatat sebanyak 33 ekor. Jumlah tersebut kemungkinan bisa bertambah karena masih tersisa waktu 10 hari lagi menuju hari H. "Yang datang dari masjid sekitar, ada juga yang dari Gamping, Depok, Seyegan. Soalnya di Sleman sudah tidak ada zona lagi merah," katanya kepada Harian Jogja, Selasa (21/7/2020).

Jumlah hewan yang dipotong di RPH pada Iduladha tahun ini, kata Yuda, naik 100% dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu hanya 18 hewan kurban yang dipotong di RPH. Tingginya minat masyarakat untuk memotong hewan kurban di RPH tidak terlepas dari adanya pandemi Covid-19. "Makanya jumlah hewan yang dipotong di RPH diatur. Kami sesuaikan dengan kapasitas dan jumlah petugas jagal kami, agar layanan reguler juga tidak terganggu," jelas Yuda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement