Bikin Pengendara Terjatuh, Proyek Penggantian Pipa di Jembatan Sayidan Harus Segera Diselesaikan PDAM

Sejumlah personel Satlantas Polresta Yogyakarta saat melakukan pemasangan water barrier di galian pipa PDAM Kota Yogyakarta yang berada di sebelah barat Jembatan Sayidan Sayidan, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Selasa (21/7 - 2020)./Harian Jogja / Hafit Yudi Suprobo
23 Juli 2020 14:37 WIB Hafit Yudi Suprobo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah Kota Jogja meminta PDAM Tirtamarta Kota Jogja segera menyelesaikan proyek penggantian pipa PDAM yang berada di jembatan Sayidan, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Jogja. Pasalnya, galian perbaikan pipa PDAM telah memakan korban pengendara kendaraan bermotor walaupun tidak sampai menimbulkan hilangnya nyawa manusia.

Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi mengatakan jika proyek perbaikan pipa PDAM sebenarnya sudah berjalan cukup lama. Namun, kegiatan perbaikan tersebut terkendala oleh musim hujan. Sehingga, pekerjaan pipa menjadi terganggu.

"Ya, itu memang proyek perbaikan jaringan pipa PDAM. Sebenarnya sudah agak lama proses pembangunannya. Hanya saja pada waktu itu belum bisa dikerjakan tuntas, karena musim hujan. Sehingga sering terganggu saat proses pengerjaannya," ujar Heroe, Rabu (22/7/2020).

BACA JUGA : Pengendara Motor Terjatuh ke Dalam Lubang Galian Pipa

Heroe sudah meminta pihak PDAM untuk segera menuntaskan proyek perbaikan pipa PDAM tersebut. Sebab, pekerjaan perbaikan pipa tersebut berada di tengah-tengah ruas jalan dan terdapat galian yang cukup besar sehingga membahayakan pengguna jalan.

"Sudah lama saya minta PDAM untuk segera menuntaskan pekerjaan pembuatan jaringan tersebut. Sebab, berada di jalan utama dan lalulintasnya kan ramai, sehingga ada ketidaknyamanan bagi pengguna jalan," jelasnya.

Pengerjaan proyek penggantian pipa PDAM harus dipercepat agar ketidaknyamanan pengendara tidak semakin lama. Pihaknya juga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh masyarakat.

BACA JUGA : Pelanggan A2 PDAM Kulonprogo Peroleh Keringanan

Meskipun sudah dikasih rambu-rambu peringatandan dikasih pembatas. Tetapi kan menjadi terganggu. Saat ini, akan segera dilakukan pengetesan penyambungan pipa oleh PDAM  Begitu selesai, segera saya minta untuk ditutup galiannya.

Heroe juga mengimbau agar masyarakat yang melewati Jalan Sultan Agung dan Jalan Ahmad Dahlan agar lebih berhati-hati karena ada proyek penggantian pipa PDAM. PDAM, lanjut Heroe, juga sudah berkomitmen untuk segera menyelesaikan proyek penggantian pipa.

"Pengerjaan harus dipercepat agar ketidaknyamanan masyarakat bisa segera teratasi. Kami minta maaf atas ketidaknyamanan tersebut, tapi juga kami imbau bagi pengendara kendaraan agar hati-hati khususnya yang berada di jalan Ahmad Dahlan dan Jl Sultan Agung. PDAM sudah melaporkan akan segera menyelesaikan penyambungan jaringan pipanya," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, dua orang pengendara motor berboncengan yang ingin melintas di jembatan Sayidan, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Jogja terjatuh ke dalam galian pipa PDAM Kota Jogja pada Senin (20/7/2020) pukul 21.00 malam. Keduanya langsung dilarikan ke Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Jogja.