Advertisement

PDAM Kulonprogo Akan Bangun Sumur Bor di YIA untuk Suplai Air Bersih

Jalu Rahman Dewantara
Rabu, 29 Juli 2020 - 06:17 WIB
Sunartono
PDAM Kulonprogo Akan Bangun Sumur Bor di YIA untuk Suplai Air Bersih Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo. - Ist/ Dok PT Angkasa Pura I (Persero)

Advertisement

Harianjogja.com, WATES--Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun Kulonprogo akan membangun sumur bor di kawasan Yogyakarta International Airport (YIA) Kapanewon Temon. Pembangunan sumur bor ini untuk memperlancar suplai air baku ke kawasan YIA.

PDAM Tirta Binangun Kulonprogo, sudah menyuplai kebutuhan air baku ke kawasan YIA sejak bandara itu beroperasi tahun lalu. Kemampuan suplai air melalui pipa PDAM itu mencapai 14 liter detik. Untuk saat ini suplai air masih mencukupi. Namun di masa mendatang, ada kekhawatiran suplai air bakal kurang seiring beroperasinya YIA secara penuh.

Advertisement

Oleh karena itu, PDAM berencana membangun sumur bor. Kehadiran sumur bor diperlukan sebagai cadangan apabila terjadi gangguan perpipaan yang bisa menghambat suplai air ke bandara tersebut.

BACA JUGA : Banyak Pembangunan di Kulonprogo, Kebutuhan Air di Bukit

"Selain itu juga sebagai antisipasi apabila YIA butuh tambahan suplai air," kata Direktur PDAM Tirta Binangun Kulonprogo, Jumantoro, Selasa (28/7/2020).

Jumantoro mengatakan pembangunan sumur bor hingga saat ini belum dilakukan karena masih dalam proses permohonan izin ke PT Angkasa Pura I. Meski begitu, ia meyakinkan sumur bor di YIA sudah siap digunakan pada akhir tahun ini.

"Karena tinggal menunggu izin saja dan kemarin juga sudah paparan rencana seperti apa, sehingga pembangunan sumur bor besar kemungkinan terlaksana," ujarnya.

Asisten Daerah Kulonprogo, Bambang Tri Budi Harsono mengatakan pemkab mendukung rencana pembangunan sumur bor di YIA. Ditargetkan dalam jangka pendek ini pemkab mengupayakan agar PT Angkasa Pura I tidak membangun sumur bor sendiri.

BACA JUGA : Kulonprogo Sangat Butuh Hotel, Investor Hotel Bintang 3 & 4 

Dikatakan Tri sampai saat ini, regulasi, pendanaan dan tahapan pembangunan sumur bor sudah baik. "Nanti ya, terkait hal yang lain, bisa dikomunikasikan kemudian hari," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement