Warga Jogja Akhirnya Terima Bansos Tahap Dua

Ilustrasi bantuan
23 Agustus 2020 19:37 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial periode kedua telah dibagikan kepada masyarakat. Di Jogja pembagian BST untuk Juli-Agustus disalurkan selama suda hari pada 22-23 Agustus 2020.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi datang langsung memantau pendistribusian BST Kemensos di hari pertama Sabtu (22/8/2020). Pengambilan BST oleh masyarakat penerima manfaat dibagi dalam dua hari. Masing-masing kecamatan telah dijadwalkan hari pengambilannya.

Heroe menjelaskan, pembagian BST pada hari pertama BST didistribusikan kepada masyarakat yang bertempat tinggal di Kecamatan Kraton, Mantrijeron, Ngampilan, Tegalrejo, dan Pakualaman. Sementara itu untuk Kecamatan lainnya distribusi BST dibagikan pada Minggu (23/8/2020). Heroe menjelaskan bahwa pembagian BST semua disalurkan melalui Kantor PT Pos Indonesia yang berada besar Titik Nol KM.

Heroe menjelaskan pada penyaluran BST periode kedua ini ada perbedaan bila dibandingkan dengan BST sebelumnya. Pada periode kedua ini jumlah nominal bantuan yang diterima warga sebesar Rp300.000 per bulan. "Dibandingkan dengan tahap [periode] pertama turun sekitar 500 orang, itu karena ada yang kita verifikasi ulang, kita cleansing lagi dengan harapan yang tahap [periode] kedua ini bisa lebih baik lagi datanya," terangnya.

Kepada masyarakat Heroe meminta agar BST yang diperoleh dibelanjakan untuk memenuhi kebutuhan pokok selama pandemi. Bahkan ia secara terang-terangan mengimbau kepada masyarakat agar bantuan diberikan bahan pokok bukannya sepeda. Hal itu mengingat tren sepeda yang merebak selama pandemi. Lebih lanjut warga penerima bantuan dianjurkan untuk membelanjakan uang tunai tersebut ke warung-warung kecil di sekitar rumah agar turut memutar roda perekonomian.