Bansos untuk Warga Gunungkidul Cair

Ilustrasi bantuan
25 Agustus 2020 21:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Dinas Sosial Gunungkidul memastikan penyaluran bantuan sosial tunai (BST) perpanjangan dari Kementerian Sosial akan disalurkan mulai Rabu (25/8/2020) atau hari ini.

Berbeda dengan penyaluran reguler, di masa perpanjangan ini bantuan diberikan hanya sebesar Rp300.000 per bulan dan dicairkan hingga akhir tahun.

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Gunungkidul, Hadi Hendro Prayogo mengatakan, persiapan penyaluran BST perpanjangan sudah dilakukan. Rencananya bantuan disalurkan ke keluarga penerima manfaat (KPM) mulai Rabu.

Menurut dia, proses pencairan terbagi menjadi dua cara. Pertama melalui bank yang ditunjuk pemerintah untuk 5.437 KPM melalui rekening masing-masing penerima. Sedangkan cara kedua disalurkan melalui kantor pos. total jumlah penerima bantuan ini lebih banyak karena mencapai 36.134 KPM. “Sudah dikoordinasikan dan mulai besok [hari ini] bisa dicairkan,” kata Hendro kepada wartawan, Selasa (25/8/2020).

Dijelaskannya, nominal bantuan yang diberikan berbeda dengan tahapan yang regular. Pada saat tahap pertama besaran bantuan mencapai Rp600.000 per bulan yang diberikan mulai April hingga Juni. Sedangkan di masa perpanjangan, bantuan diberikan selama enam bulan dengan besaran Rp300.000 setiap bulannya. “Besaran bantuan yang diberikan disesuikan dengan petunjuk teknis dari Pemeritnah Pusat,” ungkapnya.

Untuk penyaluran kali ini, kata Hendro, diberikan dua bulan sekaligus, yakni untuk penyaluran Juli dan Agustus. Oleh karenannya, setiap KPM nantinya akan mendapatkan bantuan sebesar Rp600.00. “Ini dua bulan sekaligus jadi nominalnya diakumulasikan,” katanya.

Ditambahkan dia, guna memperlancar proses penyaluran sudah melakukan koordinasi dengan Kantor Pos. Hendro pun berharap penyaluran dapat berjalan dengan tertib aman dan lancar. “Yang tak kalah penting protokol kesehatan harus dijalankan pada saat penyaluran berlangsung,” katanya.