Sewindu Keistimewaan DIY, Ini Harapan Lurah..

Keistimewaan DIY. - Harian Jogja
03 September 2020 11:47 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI–Lurah Pacarejo, Semanu, Gunungkidul Suhadi menyambut menyambut baik adanya rencana akses dana keistimewaan ke kalurahan mulai tahun depan. Wacana ini sejalan dengan aspirasi yang disuarakan oleh paguyuban lurah.

“Kami senang karena sejak lama meminta agar kalurahan mendapatkan alokasi dari danais,” kata Suhadi, Selasa (1/9/2020).

Meski senang dengan kebijakan ini, ia mengaku masih menunggu perkembangan khsusunya menyangkut regulasi dalam penggunaan. Menurut Suhadi, regulasi ini sangat penting agar alokasi bisa sesuai dengan apa yang diharapkan.

BACA JUGA : Sewindu UU Keistimewaan, Ini Hasilnya untuk DIY 

“Sama seperti dengan dana desa atau alokasi dana desa [ADD] dari kabupaten ada petunjuk teknisnya untuk pedoman penggunaan sehingga tidak tumpang tindih anggaran,” ungkapnya.

Suhadi menuturkan, paguyuban lurah se-Gunungkidul siap urung rembuk berkaitan dengan regulasi danais untuk kalurahan. “Ya kalau kami dimintai untuk regulasi, kami siap karena nantinya kamilah yang akan menggunakan sebagai pedoman dalam penggunaannya,” katanya.

Adanya tambahan anggaran dari danais sangat membantu dalam upaya penyelenggaraan pemerintahan di kalurahan. Ia tidak menampik meski sudah ada dana desa atau ADD, namun jumlahnya masih terbatas. Terlebih lagi, untuk cakupan wilayah, Pacarejo termasuk kalurahan yang luas karena membawahi 28 dusun.

BACA JUGA : SEWINDU KEISTIMEWAAN: Ratusan Miliar Danais 

“Tinggal teknis dan regulasinya seperti apa. Misalkan, danais dimanfaatkan untuk kegiatan seni dan budaya atau mungkin bisa digunakan untuk kegiatan lain. Yang jelas, kami menunggu realisasi dari wacana ini,” katanya.