Advertisement

Patung Bung Karno Berdiri Tegak di Halaman Kantor DPD PDI Perjuangan DIY

Media Digital
Senin, 07 September 2020 - 21:47 WIB
Budi Cahyana
Patung Bung Karno Berdiri Tegak di Halaman Kantor DPD PDI Perjuangan DIY Patung Bung Karno di halaman Kantor DPD PDI Perjuangan DIY, Jalan Tentara Rakyat Mataram No 47 Bumijo, Kecamatan Jetis, Kota Jogja. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Untuk mengenang jasa-jasa Presiden Pertama RI Soekarno atau Bung Karno, DPD PDI Perjuangan (PDIP) DIY memasang patung proklamator itu di halaman Kantor DPD PDI Perjuangan DIY, Jalan Tentara Rakyat Mataram No 47 Bumijo, Kecamatan Jetis, Kota Jogja. Pemasangan patung setinggi  empat meter itu dimulai Sabtu (5/9/2020).

Menurut Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY GM Totok Hedi Santosa, pemasangan patung Bung Karno di halaman Kantor DPD PDI Perjuangan DIY itu merupakan bentuk penghormatan sekaligus untuk mengenang jasa-jasa presiden pertama RI yang bersama Bung Hatta memproklamasikan Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945.

Advertisement

"Menyebut Indonesia tidak bisa dilepaskan dengan Bung Karno. Demikian  halnya dengan Jogja, sebuah kota tempat ibu kota Indonesia pernah dipindahkan. Jogja kemudian dicatat sebagai kota revolusi yang  ditandai oleh Agresi Militer II Belanda  pada 19 Desember 1948 yang juga ditandai dengan penangkapan Soekarno, Hatta, Syahrir dan lain-lain," kata Totok Hedi, Senin (7/9/2020).

Oleh karena itu, menurut Totok Hedi, sangat pas jika Jogja, dalam hal ini DPD PDI Perjuangan DIY, secara khusus meletakkan patung Bung Karno di kantor yang sebentar lagi bakal diresmikan. "Ini bukan hanya sebagai kebanggaan warga PDI Perjuangan, namun juga kebanggaan warga Jogja," kata mantan anggota DPRD DIY ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement