Advertisement

Pedagang Malioboro yang Meninggal karena Corona Sempat Menulari Anaknya

Catur Dwi Janati
Selasa, 08 September 2020 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Pedagang Malioboro yang Meninggal karena Corona Sempat Menulari Anaknya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Penambahan kasus Covid-19 terjadi dari kasus sebelumnya di Malioboro. Dari satu Pedagang Kaki Lima (PKL) yang terpapar, satu orang hasil tracing dinyatakan positif.

Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe Poerwadi pada Selasa (8/9/2020) menyampaikan bahwa dari kasus pedagang di Malioboro, anak pedagang yang selama ini tinggal bersama dan merawat terkonfirmasi positif. "Sedangkan enam [anggota keluarga] lainnya masih menunggu giliran di-swab, termasuk [delapan] pedagang juga," terangnya.

Advertisement

Lebih lanjut Heroe mengatakan bahwasanya kasus Malioboro masih dalam proses tracing. "Masih terus dikembangkan, termasuk untuk melakukan swabnya," jelasnya. Seperti diketahui seorang pedagang Malioboro meninggal dunia setelah terinfeksi Covid-19.

Kepala UPT Malioboro, Ekwanto mengatakan empat mobil penyemprotan dari Dinas Kebakaran Kota Jogja, Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja diturunkan untuk mensterilkan kawasan Malioboro. Penyemprotan disinfektan dilakukan dari teteg sepur di ujung Utara sampai titik nol yang berada ujung Selatan Malioboro. Penyemprotan meliputi pedestrian sisi timur dan barat.

Adanya penyemprotan membuat PKL Malioboro buka lebih siang yakni di atas pukul 12.00 WIB. Ekwanto menerangkan bahwa sebelumnya masing-masing komunitas secara telah melakukan disinfektan dulu. "Masing-masing komunitas mandiri harus wajib mensterilkan lokasi masing-masing, sudah berkala , wajib juga oleh kelompok," ujarnya.

"Dengan adanya kasus ini kami sudah minta pimpinan untuk bisa diregulerkan berkala lagi, entah seminggu sekali, tiga minggu sekali, menanti kebijakan dari atas kita sudah kita usulkan," jelasnya. Menurut catatan Ekwanto saat ini jumlah pengunjung di Malioboro masih terbilang tinggi. Di akhir pekan jumlah pengunjung Malioboro bis mencapai 2.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement