Advertisement

Jakarta PSBB, Gunungkidul Antisipasi Gelombang Ribuan Pemudik

David Kurniawan
Jum'at, 11 September 2020 - 13:27 WIB
Budi Cahyana
Jakarta PSBB, Gunungkidul Antisipasi Gelombang Ribuan Pemudik Ilustrasi - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bupati Gunungkidul Badingah menginstruksikan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) mengantisipasi gelombang mudik kedua. Hal ini tidak lepas adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan dilakukan oleh Pemerintah DKI.

“Kalau PSBB kembali diterapkan, gelombang pemudik pulang akan terjadi lagi. Ini harus diantisipasi agar penyebaran corona bisa terkendali,” kata Badingah, Jumat (11/9/2020).

Advertisement

Menurut dia, langkah antisipasi adanya ledakan pemudik dengan melakukan koordinasi antar OPD. Penanganan, tidak jauh berbeda pada saat awal-awal penyebaran virus corona.

BACA JUGA: Seorang Sukarelawan Vaksin Sinovac Kena Covid-19, Tim Uji Klinis Buka Suara

Badingah menuturkan setiap pemudik akan didata melalui petugas di kalurahan, untuk kemudian diunggah melalui Sistem Informasi Desa. Langkah ini dilakukan agar memudahkan dalam pemantauan kesehatan pemudik. “Saya minta melaporkan semuanya,” katanya.

Badingah mengungkapkan ada ratusan ribu penduduk Gunungkidul yang merantau ke berbagai kota besar, salah satunya Jakarta. Nantinya, sambung dia, pada saat ada pemudik yang kembali pulang maka diwajibkan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. “Selama isolasi kesehatan juga akan dipantau oleh tim medis dari puskesmas terdekat,” katanya.

BACA JUGA: Epidemiolog: Kegiatan Arisan dan Rapat Warga Picu Munculnya Klaster Keluarga

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul Kelik Yuniantoro mengatakan format pendataan pemudik masik sama. Petugas dari desa akan memberikan daftar pertanyaan seperti dari mana, mengenai riwayat kesehatan, dan nomor telepon. “Hasil pendataan akan diunggah di SID,” katanya.

Menurut Kelik, sejak adanya gelombang pemudik di awal April hingga sekarang sudah ada 20.390 orang Gunungkidul yang kembali ke kampung halaman. Jumlah pemudik terbanyak berasal dari Kapanewon Karangmojo, Semin, Wonosari, dan Playen. “Kami akan terus pantau termasuk nantinya adanya kebijakan PSBB di Jakarta, apakah akan berpengaruh terhadap lonjakan jumlah pemudik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement