Kasus Covid-19 DIY Makin Banyak, Beban Rumah Sakit Kian Berat

Ilustrasi - Freepik
14 September 2020 19:37 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kasus baru Covid-19 di DIY terus bertambah. Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan penambahan kasus akan menjadi beban bagi rumah sakit dan tenaga medis.

“Tentu menjadi persoalan karena tugas tenaga medis lebih berat, begitu pula rumah sakit juga lebih berat,” katanya, Senin (14/9/2020).

Penambahan kasus ini didominasi oleh pasien tanpa gejala sehingga tidak semuanya masuk ke rumah sakit rujukan dan lebih banyak diisolasi di selter, rumah sakit lapangan, atau bahkan isolasi mandiri jika memungkinkan.

BACA JUGA: Mahasiswa UIN Jogja Positif Corona Sempat ke Kampus, Fakultas Lockdown 3 Hari

Meski demikian. Pemda DIY tetap meminta masyarakat untuk meningkatkan disiplin dalam menerapkan protokol Kesehatan. “Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, harus selalu disosialisasikan. Untuk tempat tidur rumah sakit menjadi tugas kami menyiapkan tambahan. Proses penyembuhan mudah-mudahan lebih cepat,” katanya.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY mengumumkan 33 penambahan kasus positif  Covid-19 pada Senin (14/9/2020). Sementara 23 kasus dinyatakan sembuh dan satu kasus dilaporkan meninggal.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, menuturkan penambahan kasus baru berasal dari Sleman 20 pasien, Kota Jogja enam pasien, Gunungkidul empat pasien, dan Bantul tiga pasien. “Penambahan ini berdasarkan pemeriksaan pada 554 sampel dari 520 orang,” ujarnya.

BACA JUGA: Sultan Jogja Izinkan Kampus DIY Gelar Kuliah Tatap Muka, Ini Syaratnya

Sementara berdasarkan riwayatnya, pasien baru berasal dari screening karyawan kesehatan delapan kasus, screening pekerjaan dua kasus, tracing kasus positif 13 kasus, perjalanan luar daerah dua kasus, dan masih dalam penelusuran delapan kasus.

Satu pasoen dinyatakan meninggal yakni Kasus 1.532, laki-laki 60 tahun, Kota Jogja. Adapun pasien sembuh berasal dari Kota Jogja delapan orang, Bantul 12 pasien, dan Gunungkidul dua pasien. Dengan penambahan ini, total kasus positif DIY menjadi sebanyak 1.869 kasus, dengan 1.355 kasus sembuh dan 53 kasus meninggal.

Sementara ketersediaan bed pada 27 rumah sakit rujukan Covid-19 saat ini untuk kritikal dari kapasitas 48 bed terpakai 22 bed, sehingga masih sisa 26 bed. Kemudian untuk non-kritikal dari kapasitas 393 bed terpakai 227 bed sehingga masih sisa 166 bed.