Rumah Warga di Bausasran Terbakar

Ilustrasi. - Freepik
17 September 2020 20:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sebuah rumah yang berada di RW 09, Bausasran, Kecamatan Danurejan, Kota Jogja dilalap si jago merah pada Rabu (16/9/2020) lalu sekitar pukul 11.00 siang. Garis polisi masih terpasang di sekitar rumah yang menjadi lokasi kebakaran.

Kapolsek Danurejan, Kompol Nuning Sukarminingsih mengatakan kebakaran menimpa rumah milik Pujo Raharjo, 74, warga Bantul yang disewakan kepada warga bernama Marina, 40, warga Danurejan, Jogja.

"Benar terjadi kebakaran pada Rabu (16/9/2020) sekitar pukul 11.00 siang, tidak ada korban jiwa, untuk kerugian material sedang dalam penghitungan," ujar Nuning saat dikonfirmasi pada Kamis (17/9/2020).

BACA JUGA: Bidang Tanah Terdampak Tol Jogja-Bawen di Tempel Bertambah

Info yang dihimpun Harianjogja.com pada Kamis (17/9/2020), kebakaran menghanguskan dapur rumah milik Pujo Raharjo. Sejumlah barang di sekitar dapur ikut terbakar.

Adapun, awal kejadian kebakaran bermula saat penyewa rumah memasak menggunakan anglo. Sembari menunggu matang, ia kemudian beranjak ke ruang tamu.

"Sementara itu, tetangga Marina melihat asap mengepul dari dapur dan mencium bau gosong. Tetangga kemudian mencari sumber asap dan bau gosong tersebut yang ternyata berasal dari dapur milik Marina," sambung Nuning.

Melihat api yang sudah mulai menyambar bangunan dapur, warga kemudian memanggil petugas Damkar Kota Jogja. Sebelumnya, warga juga sudah berupaya untuk memadamkan api dengan air seadanya di sekitar tempat kejadian perkara (TKP).

"Alhasil, tiga unit mobil damkar dibantu dengan warga berhasil memadamkan api dengan kurun waktu sekitar 20 menit," imbuh Nuning.

Nuning menambahkan jika insiden kebakaran yang menimpa rumah Pujo Raharjo tidak akan berlanjut ke ranah pidana. Pasalnya, kedua belah pihak yakni pemilik dan penyewa rumah sepakat untuk menyelesaikan insiden tersebut secara kekeluargaan.

"Telah dilakukan pemeriksaan secara klarifikasi baik pihak korban dan saksi. Bahwa pihak korban tidak akan melaporkan kejadian kebakaran tersebut kepada pihak kepolisian dan tidak akan menuntut baik secara pidana maupun perdata. Pihak korban akan menyelesaikan kejadian tersebut secara kekeluargaan dan akan memperbaiki rumah yang terbakar," tutupnya.