Ini Strategi Kota Jogja Salurkan Beras Bansos untuk Cegah Kerumunan

Seorang penerima manfaat membawa beras bantuan Kemensos RI. - Ist/Pemkot.
18 September 2020 12:17 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, GONDOKUSUMAN - Bantuan beras dari Kemensos RI bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) telah didistribusikan di berbagai wilayah Kota Jogja. Pembagian dipecah hingga tingkat kecamatan dan kelurahan guna antisipasi kerumunan.

Salah satu strategi agar tak menimbulkan kerumunan yakni melalui penjadwalan. Lurah Demangan, Sunu Sari Husada menyampaikan jika KPM Kelurahan Demangan baru mendapat jatah pengambilan bantuan beras pada 23 September 2020. Untuk kelurahan lain di Gondokusuman, seperti Kotabaru dan Klitren melakukan pengambilan pada 18 September 2020, sedangkan kelurahan Baciro pada 23 September 2020.

BACA JUGA : Badingah Minta Bulog Jaga Kualitas Beras Bansos

Sunu yang dihubungi pada Kamis (17/9/2020) menyebutkan jika di Kelurahan Demangan setidaknya ada 156 penerima bantuan. Sunu mengimbau kepada warga yang akan mengambil bantuan kelak untuk tetap menjalankan protkol kesehatan yang berlaku. "Menjaga ketertiban dan tetap melaksanakan protokol kesehatan, wajib menggunakan masker dan jaga jarak," terangnya. 

Kepala Dinas Sosial Agus Sudrajat menyatakan prinsip dari pendistribusian beras bantuan dari Kemensos akan disalurkan ke berbagai wilayah sesuai kondisi. "Kami lihat situasionalnya, ada yang di kecamatan ada yang di kelurahan, tetapi prinsipnya mendekatkan dengan keluarga penerima manfaatnya," jelasnya.

Mengingat jumlahnya yang cukup banyak, Agus mengatakan bahwa armada pengangkutan beras pun aman dipilah-pilah. "Kalau masuk kendaraan besar ya pakai kendaraan besar, yang niatnya kendaraan kecil ya pakai kendaraan kecil," jelasnya.

"Nanti KPM akan didampingi pendamping PKH supaya tidak terjadi kerumunan dan gerombol, dan ini diatur jam-jam penyalurannya," terang Agus.

Pendistribusian beras bantuan dari Kemensos ini disebutkan Agus berjalan serentak di seluruh wilayah Kota Jogja mulai Rabu (16/9). Agus menargetkan pendistribusian bantuan dapat selesai selama seminggu sampai 10 hari penyaluran."Tiap hari ada jadwalnya, kami minta bantuan wilayah, Camat, lurah, Satpol PP Linmas untuk mengkondisikan [pembagian beras] hal ini," jelas Agus.

BACA JUGA : Alhamdulillah, Bansos Beras untuk PKH di Kulonprogo

KPM yang akan mengambil bantuan harus menunjukkan kartu PKH. Masing-masing KPM akan menerima bantuan beras sebanyak 30 kg yang di tahap pertama dan 15 kg di tahap kedua. Di kota Jogja sendiri tercatat 11.619 penerima bantuan beras Kemensos.

"Nanti by name by address sudah ada, semua PKH ini sudah ada pendamping, nanti yang akan mengarahkan pendampingnya," tukas Agus.