Advertisement

Ratusan Warga Gunungkidul Terjaring Operasi Masker

David Kurniawan
Senin, 21 September 2020 - 14:17 WIB
Budi Cahyana
Ratusan Warga Gunungkidul Terjaring Operasi Masker Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Ratusan warga terjaring operasi masker yang dilaksanakan oleh tim gabungan di Gunungkidul. Operasi yang digelar sejak Selasa (15/9/2020) lalu itu akan terus dilakukan hingga masyarakat patuh dan disiplin terhadap protokol kesehatan pencegahan virus Corona.

Pelaksana Tugas Kepala Satpol PP Gunungkidul, Hery Sukaswadi mengatakan, penegakan disiplin protokol kesehatan sesuai dengan Perbup No.68/2020. Berdasarkan aturan ini, tim gabungan yang dikomandoi Satpol PP akan melakukan razia dalam upaya pendisiplinan masyarakat.

Advertisement

BACA JUGA: Selain Lewat Arisan RT, Corona Kulonprogo Diduga Menyebar di Pasar di Kokap & Temon

“Razia kami mulai Selasa [15/9/2020], total hingga sekarang sudah ada 685 warga yang melanggar karena tidak menggunakan masker saat di luar rumah,” kata Hery saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (21/9/2020) pagi.

Menurut dia, jumlah pelanggar ini masih bisa bertambah. Pasalnya, selain pelaksanaan operasi masih berlangsung, hasil razia pada Minggu (20/9/2020) di kawasan wisata pantai belum dilaporkan.

Hery memastikan operasi akan terus dilakukan agar masyarakat benar-benar patuh terhadap protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran corona. “Kami tidak tahu virus ini akan berakhir sampai kapan karena untuk sekarang upaya efektif pencegahan dengan memantuhi protokol kesehatan. Adapun razia hari ini [kemarin] digelar di Kapanewon Semin dan Saptosari,” ungkap staf ahli bupati ini.

BACA JUGA: Menag Positif Corona, Kasetpres Ungkap Pertemuan Terakhir dengan Presiden Jokowi

Hery memastikan tidak ada denda. Selama operasi berlangsung, warga yang melanggar didata dan diberikan hukuman menyanyikan lagu wajib nasional. Meski demikian, sambung dia, mulai Oktober akan menambah sanksi dengan menjatuhkan hukuman memberikan sanksi sosial dengan membersihkan fasilitas umum. “Masih dikaji untuk menentukan objek fasilitas umum yang jadi sasaran untuk dibersihkan,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Gunungkidul, Heri Nugroho mendukung upaya pemkab untuk menegakan peraturan dalam upaya menyadarkan masyarakat tentang protokol kesehatan. “Masyarakat harus terus diingatkan karena ancaman virus masih harus diwaspadai,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement