Advertisement

Pejabat Ini Jadi Pengganti Sementara Bupati Bantul

Ujang Hasanudin
Jum'at, 25 September 2020 - 19:37 WIB
Budi Cahyana
Pejabat Ini Jadi Pengganti Sementara Bupati Bantul Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Helmi Jamharis, ditunjuk menjadi Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bantul. Penunjukan Helmi sebagai Plh Bupati Bantul tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur DIY Sri Sultan HB X No.278/KEP/2020 tentang Penunjukan Pelaksana Harian Bupati Bantul.

Helmi menjadi Plh Bupati Bantul mulai Sabtu (26/9/2020) sampai dengan dikukuhkannya Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Bantul, “Tugas dan kewenangan Pelaksana Harian Bupati Bantul sesuai dengan ketentuan peraturan peundang-undangan yang berlaku,” kata Sultan HB X.

Advertisement

BACA JUGA: Pemkot Jogja Luncurkan Rute Wisata Sepeda

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan Kabupaten Bantul, Hermawan Setiaji, belum mengetahui pasti kapan Pjs Bupati Bantul ditunjuk. Namun berdasarkan informasi yang dia peroleh, sosok tersebut sudah ditentukan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan akan dikukuhkan oleh Gubernur DIY. Namun ia belum bisa menyebutkan siapa nama Pjs Bupati Bantul tersebut.

Selama belum ada Pjs Bupati Bantul, kata Hermawan, tugas dan kewenangan Bupati Bantul per 26 September akan dijalankan oleh Helmi Jamharis. Namun tugas dan kewenangan itu terbatas dan Plh Bupati Bantul tidak bisa mengambil keputusan-keputusan strategis. “Misalnya dalam persetujuan penandatanganan perda harus seizin menteri [mendagri],” kata dia.

Pjs juga tidak bisa melakukan rotasi aparatur sipil negara (ASN).

BACA JUGA: Aturan Baru, Masa Berlaku Paspor Bakal Menjadi 10 Tahun

Helmi Jamharis menyatakan akan melaksanakan tugas harian bupati seperti mendisposisi surat menyurat, pembagian kerja agar Pemerintahan Kabupaten Bantul tetap berjalan seperti biasa.

Bantul butuh Pjs Buparti karena Bupati Suharsono dan Wakil Bupati Abdul Halim Muslih sama-sama cuti kampanye pilkada per 26 September sampai 5 Desember mendatang. Keduanya menjadi calon bupati Bantul. Abdul Halim Muslih berpasangan dengan Joko B Purnomo, sedangkan Suharsono berpasangan dengan Totok Sudarto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement