Forum Genre Kulonprogo Terbentuk, Ini Tugasnya..

24 Anggota Forum Genre saat mengikuti pelantikan di Balai Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan, Kulonprogo Kamis (24/9/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.
25 September 2020 14:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Kabupaten Kulonprogo kini punya Forum Generasi Berencana (Genre). Forum ini merupakan wadah bagi generasi muda untuk ikut membantu mensukseskan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana yang diinisiasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat.

Forum Genre Kulonprogo berisikan 24 muda mudi. Mereka ditugaskan membantu kelompok pusat informasi konseling remaja yang terdapat di kabupaten Kulonprogo serta bekerjasama dengan pengurus kelompok kerja kampung KB di Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan yang telah ditunjuk BKKBN sebagai center of excellence kampung keluarga berencana (KB) secara internasional untuk mengisi kegiatan-kegiatan produktif khususnya anak-anak remaja.

BACA JUGA : 5.321 KK Terdampak Covid-19 di Kulonprogo Terima BLT

"Kehadiran forum genre Kulonprogo diharapkan bisa ikut terlibat secara langsung dalam upaya membentuk karakter anak-anak dan remaja yang lebih baik," ucap Koordinator Bidang Pelatihan dan Pengembangan BKKBN DIY, Rohdhiana Sumariati, usai peresmian Forum Genre Kulonprogo di Balai Kalurahan Bugel, Panjatan, Kamis (24/9/2020).

Secara khusus Rohdhiana mengharap forum ini dapat membantu ketugasan pengurus kelompok kerja kampung KB di Desa Bugel terkait penyelanggaraan kegiatan untuk anak-anak dan remaja yang peduli lingkungan.

"Sehingga tercipta Kalurahan Bugel yang bersih, sehat, sejahtera dan peduli terhadap lingkungan, ini menginga kampung KB di Bugel akan dipromosikan ke negara-negara asing yang sudah bermitra dengan Indonesia," ucapnya.

BACA JUGA : Waduh, Kulonprogo Kekurangan Tenaga Penyuluh KB

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDDaldukKB) Kulonprogo Mardiya mengatakan ditunjukknya Bugel sebagai center of excellence kampung KB internasional mengharuskan pengurus untuk melibatkan remaja menjadi bagian dari lingkungan sehat keluarga sejahtera (LSKS). Oleh karena itu, forum genre bertugas untuk membantu upaya tersebut.

Kehadiran forum ini menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam mewujudkan remaja di Kulorogo yang berkualitas dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM).

"Ini juga berkaitan dengan upaya meningkatkan kesadaran remaja tentang kesehatan reproduksi serta ancaman freesex pra nikah maupun ancaman terhadap permasalahan narkoba," ucapnya.

BACA JUGA : Keikutsertaan KB Pria di Kulonprogo Terus Digenjot